Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Warna Tulisan di Word


 Pada saat mengetik di Microsoft Word, warna pada tulisan adalah hitam. Nah, jika Anda sedang mengerjakan tugas dan diwajibkan memberikan warna selain hitam maka kita bisa memilih berbagai pilihan warna pada fitur Font Color, Text Highlight Color dan Text Effects.

Dengan adanya fitur Font Color maka kita bisa mewarnai tulisan pada lembar kerja Word. Mulai dari warna merah, biru, kuning, hijau dan lainnya sudah disediakan. MS Word sering dipakai untuk mengetik berbagai macam tugas mulai dari laporan, skripsi, proposal dan membuat absensi, maka tidak heran jika fitur dan tools yang disediakan cukup lengkap.


Nah, pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan tutorial dalam mengubah warna tulisan di Microsoft Word agar pengguna bisa memilih warna yang mau dipakai. Jika belum tahu caranya maka simak tutorial ini sampai selesai.

3 Cara Mengubah Warna Tulisan di Word

Ada tiga cara dalam mewarnai tulisan di Word yaitu melalui Font Color, Text Highlight Color dan Text Effects. Ketiga cara tersebut bisa dipelajari di tutorial ini.


Disini saya memakai MS Word versi 2013, Jika memakai versi lama maupun baru maka Anda masih tetap bisa mengikuti tutorialnya karena caranya sama saja. Adapun langkah-langkahnya bisa dipelajari berikut ini.

1. Melalui Font Color

Cara pertama adalah melalui Font Color yang memiliki fungsi mengganti warna font sesuai kebutuhan pengguna. Tools ini paling sering dipakai untuk mewarnai teks dan disediakan pilihan Standart Colour, Themed Colour dan Custom Colour.

  • Pertama, buka dokumen Word yang mau diberikan warna pada teks.
  • Setelah sudah terbuka, seleksi teks yang mau diwarnai.
  • Jika sudah, masuk ke tab Home.
  • Pada bagian grup Font, klik ikon panah bawah pada Font Color. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Mengubah Warna Tulisan di Word
  • Nanti Anda akan melihat kumpulan warna yang tersedia, jika ingin melihat banyak warna maka pilih opsi More Colors.
  • Selesai

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Vertikal di Tabel Word

2. Melalui Tools Text Highlight Color

Text Highlight Color dipakai untuk mewarnai huruf menjadi terlihat menonjol dengan memberikan warna cerah pada background tulisan. Biasanya fitur ini dipakai untuk menegaskan tulisan tertentu agar jelas dilihat dan dibaca.

Untuk cara menggunakan tools ini yaitu seperti biasa seleksi tulisan dan masuk ke tab Home. Pada grup Font klik ikon tools Text Highlight Color. Nanti teks yang diseleksi akan menampilkan warna latar sesuai yang dipilih.

Baca juga: Cara Melingkari Tulisan di Word

3. Melalui Tools Text Effects

Jika ingin memberikan efek warna bayangan dan cahaya pada teks, maka gunakan tools Text Effects. Ada banyak pilihan efek tulisan yang bisa dipakai agar mempercantik tulisan yang sudah diketik seperti Shadow, Glow, Outline dan Number Styles. Anda bisa menerapkan efek teks pada judul tabel atau laporan. Untuk memakai efek ini masuk ke tab Home, di grup Font klik ikon Text Effects (bentuk huruf A).

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara mengubah warna tulisan di Microsoft Word yang bisa memakai tiga cara. Semoga bisa membantu Anda dalam mewarnai teks, jika menyukai tutorial ini silahkan rajin berkunjung di situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengubah Warna Tulisan di Word"

close