Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengisi Formulir Kotak-Kotak di Word

 Penggunaan formulir yang menampilkan kotak-kotak bisa memudahkan kita dalam membaca dan melihat jelas informasi pada dokumen, karena informasi yang ditampilkan tersusun secara terstruktur. Hal ini membantu dalam menjaga konsistensi data yang diisi, lebih bagusnya lagi Anda hanya perlu memilih opsi yang sudah disediakan.


Pada Microsoft Word, kita bisa mengisi formulir kotak-kotak tanpa perlu di cetak sehingga bisa menghemat uang untuk biaya print. Menampilkan formulir dengan area pengisian kotak-kotak bisa mengatasi risiko kesalahan ketik, karena pengguna tidak perlu mengetik ulang informasi yang sudah ada. Kita hanya perlu mengisi data sesuai informasi yang diminta di dalam kotak-kotak yang telah disediakan.

Cara Mengisi Formulir Kotak-Kotak di Word

Nah, jika masih belum tahu mengisi formulir jenis ini maka sebaiknya simak artikel ini karena sobat-tutorial.com sudah membuatkan tutorial yang bisa dipelajari sehingga membantu Anda untuk melakukan pengisian formulir sesuai data yang diminta. Tunggu apa lagi silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Mengisi Formulir Kotak-Kotak di Word


Pastikan sudah menyiapkan file formulir yang mau Anda isi. Untuk versi Microsoft Word nya sesuaikan saja dengan yang sudah Anda instal. Silahkan simak tutorial di bawah ini.

  • Silahkan buka program Microsoft Word di laptop atau PC Anda
  • Kemudian buka file yang berisi formulir yang ingin di isi
  • Setelah terbuka, lakukan navigasi ke kotak pengisian formulir dengan mengarahkan pointer mous di dalam kota-kotak yang masih kosong.
  • Selanjutnya klik area kotak formulir yang mau di masukkan informasi berupa teks. Silahkan memulai mengetik sesuai data yang diminta pada formulir tersebut.
  • Pastikan Anda mengetik dengan hati-hati agar informasi yang dimasukkan sudah benar.
  • Jika formulir terdapat lebih dari satu kotak atau area teks yang perlu Anda isi, maka arahkan kursor ke kotak.
  • Setelah selesai mengisi formulir, pastikan untuk memeriksa kembali data yang sudah dimasukkan. Jika sudah benar maka klik tombol CTRL + S untuk menyimpan file.

Baca juga:

Merapikan Teks Pada Formulir di Word

Setelah selesai mengisi formulir maka tahap selanjutnya yaitu merapikan teks. Anda dapat memakai beberapa fitur yang disediakan seperti yang sudah saya rangkum di bawah ini.

  1. Alinea Teks dan Spasi Antar Baris dipakai untuk mengatur spasi antar baris.
  2. Menggunakan Tabel jika formulir memiliki kolom teks yang perlu dirapikan.
  3. Menggunakan Fitur Format Painter Jika terdapat bagian teks yang sudah dirapikan dan ingin menyalin formatnya ke bagian lain dari formulir, Anda bisa memanfaatkan fitur ini.
  4. Pastikan meluangkan waktu untuk menyesuaikan tata letak dan format teks sesuai keinginan.
  5. Manfaatkan fitur Paragraph yang ada di tab Home.

Akhir Kata

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah bisa memahami dan mengisi formulir di Microsoft Word dengan mudah dan efisien. Pastikan selalu membaca instruksi yang dicantumkan di formulir dan mematuhi petunjuk yang diberikan. Demikianlah tutorial ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengisi Formulir Kotak-Kotak di Word"

close