Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Tanggal Otomatis di Word

Cara Membuat Tanggal Otomatis di Word

 Menyisipkan tanggal di dokumen dapat mempermudah pencarian dan referensi terhadap dokumen di masa mendatang. Selain itu, pemberian tanggal pada laporan atau dokumen diperlukan untuk memastikan kapan dokumen ini dibuat misalnya dalam konteks bisnis yaitu surat kontrak, laporan keuangan, dan dokumen-dokumen lainnya yang harus memiliki tanggal yang jelas untuk memastikan kejelasan waktu yang sudah didokumentasikan.


Nah, Anda yang sudah terbiasa mengerjakan tugas di Word dapat membuat tanggal otomatis yang update pada lembar kerja sehingga tidak perlu repot-repot memasukkan secara manual. Jadi Anda cukup mengaturnya di awal saja dan membiarkan Program Microsoft Word memasukkan tanggal.

Anda juga bisa mengatur posisi atau letak tanggal tersebut misalnya di atas paragraf atau dekat header. Nah, jika Anda tertarik mempelajarinya maka sebaiknya simak pembahasan ini sampai selesai karena sobat-tutorial.com sudah membuatkan tutorialnya.

Membuat Tanggal Otomatis di Word


Sebagai contoh di sini saya menggunakan MS Word 2013. Anda bisa memakai versi lainnya misalnya 2010, 2016, 2019 dan sebagainya. Fitur yang dipakai adalah Date & Time yang bisa membantu kita untuk membuat tanggal dan jam secara update. Untuk langkah-langkahnya bisa dipelajari di bawah ini.

  • Silahkan buka dokumen Microsoft Word yang mau dibuatkan tanggal dan letakkan kursor di area halaman yang mau ditempatkan tanggal.
  • Pada halaman kerja, klik tab Insert dan pada bagian grup Text. Klik menu Date & Time.
Cara Membuat Tanggal Otomatis di Word
  • Nanti Akan tampil jendela Date & Time yang menampilkan format waktu dan tanggal yang bisa kita pilih. Silahkan pilih format yang mau ditampilkan pada dokumen Anda.
  • Selanjutnya pada bagian Language, pilih bahasa English (Indonesia) agar format tanggal sesuai pengaturan di negara Indonesia.
  • Kemudian pada pojok kanan bawah, berikan centang pada Check Box "Update Automatically".
  • Jika Anda ingin memakai pengaturan yang sudah diatur maka klik tombol Set As Default supaya bisa kita terapkan settingan ini tanpa perlu mengaturnya lagi.
  • Terakhir klik tombol OK untuk menerapkan perubahan.

Baca juga:

Cara Menyisipkan Tanggal & Waktu Dalam Header atau Footer

  • Buka file Word yang mau disisipkan tanggal dan waktu.
  • Lalu klik header atau footer di lembar kerja. Letakkan kursor di area yang ingin Anda tampilkan tanggal dan waktu.
  • Kemudian masuk ke tab Insert > Date & Time.
  • Pilih format tanggal dan waktu yang mau ditampilkan.
  • Jika sudah, klik tombol OK untuk melihat hasilnya.
  • Anda juga bisa mengubah warna dan jenis font pada tanggal agar bisa sesuai dengan format dokumen Anda.
  • Selesai.

Manfaat Menampilkan Tanggal Otomatis di Word

Sebagai catatan bagi Anda. Berikut beberapa manfaat adanya tanggal dan waktu di lembar kerja Ms Word:

  1. Untuk dokumen yang sering direvisi misalnya proposal dan skripsi, menampilkan tanggal otomatis dapat membantu dalam pelacakan revisi. Jika Anda seorang dosen maka Anda bisa melihat kapan revisi terakhir dilakukan. Namun jika Anda seorang mahasiswa maka bisa tahu kapan dokumen ini dibuat.
  2. Dalam konteks audit atau menyangkut masalah hukum dapat berfungsi sebagai catatan waktu yang dapat dipercaya. Ini membantu untuk mengidentifikasi kejadian dalam dokumen.
  3. Pada laporan bulanan, menampilkan tanggal otomatis bisa membantu kita dalam mengatur jadwal dan menyusun catatan tentang kegiatan yang akan dilakukan pada tanggal yang sudah ditentukan.
  4. Terakhir Menampilkan tanggal otomatis memungkinkan program Microsoft Word secara otomatis mengupdate tanggal setiap kali dokumen dibuka atau dicetak.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai bagaimana kita membuat tanggal otomatis di Microsoft Word. Semoga tutorial ini bisa Anda pahami dan jika dirasa ada yang belum dimengerti maka silahkan bertanya dengan cara meninggalkan komentar. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Tanggal Otomatis di Word"

close