Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Save PPT di Canva Agar Tidak Berubah

Cara Save PPT di Canva Agar Tidak Berubah

 Canva merupakan aplikasi desain grafis yang menyediakan beragam fitur menarik salah satunya adalah  membuat slide presentasi yang bisa di ekspor menjadi format PPT atau PowerPoint. Ada banyak template slide yang disediakan Canva sehingga banyak dari pengguna aplikasi ini lebih nyaman membuat slide presentasi di Canva.

Format PPT ialah format file yang digunakan oleh Microsoft PowerPoint untuk menyimpan presentasi yang bisa menyimpan informasi tentang slide, teks, gambar, animasi, dan lainnya. Jadi, ketika Anda menyimpan projek presentasi di Canva dalam format PPT, maka nanti akan menjadi file dengan ekstensi .pptx, yang bisa Anda buka di berbagai program presentasi, termasuk Program PowerPoint.


Perlu Anda tahu, meskipun kita membuat slide presentasi di Canva namun kita bisa menyimpan file tersebut ke dalam format PPT. Nah, jika Anda belum tahu caranya dan ingin mempelajarinya maka silahkan simak artikel ini sampai selesai karena sobat-tutorial.com sudah membuatkan tutorialnya yang bisa dipelajari dengan mudah.

Menyimpan Slide PPT di Canva Agar Tidak Berubah


Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan terlebih dahulu mengecek isi dari setiap slide yang ingin disimpan. Siapa tahu ada kesalahan ketik, penempatan gambar dan sebagainya sehingga masih sempat Anda ubah. Jika sudah benar maka berikut langkah-langkah yang bisa Anda pelajari.

  • Silahkan kunjungi situs Canva.com dan buka projek Anda.
  • Sebagai contoh di saya membuka template PPT yang sudah dibuat.
  • Pada tampilan halaman kerja, klik tombol Bagikan yang letaknya di pojok kana atas.
  • Lalu pilih opsi Lainnya, seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Save PPT di Canva Agar Tidak Berubah
  • Selanjutnya lakukan scrol ke bawah sampai menemukan menu Simpan. Disini klik opsi Microsoft PowerPoint untuk menyimpan slide ke format PPT.
  • Kemudian pilih halaman yang mau di ekspor, Anda bisa pilih semua halaman. Jangan lupa centang pilihan “Simpan pengaturan Unduhan” agar file Canva dalam bentuk slide PPT bisa disimpan dan tidak berubah.
Cara Save PPT di Canva Agar Tidak Berubah
  • Terakhir klik tombol Unduh untuk memulai proses menyimpan slide PPT.
  • Selesai.

Jika sudah selesai, Anda bisa membuka slide melalui program PowerPoint dan bisa dibuka secara Offline tanpa memakai jaringan internet. Jika terdapat kesalahan pengetikan dan lainnya maka sebaiknya di ubah sebelum memulai presentasi.

Baca juga:

Saat menyimpan format PowerPoint (PPT) di Canva, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar presentasi Anda tetap terlihat menarik dan sesuai dengan yang diharapkan.Berikut beberapa hal bisa Anda perhatikan:


  1. Sebaiknya periksa elemen-elemen yang digunakan dalam desain Canva kompatibel dengan PowerPoint agar bisa berfungsi sesuai yang sudah di atur pada Canva.
  2. Pastikan memeriksa sekaligus menyesuaikan ukuran slide di Canva agar sesuai dengan ukuran slide yang Anda inginkan di PowerPoint. Ini bisa membantu menjaga tata letak dari elemen desain yang dimasukkan ke dalam slide.
  3. Jika Anda menggunakan gambar dalam desain, pastikan untuk mengunggah gambar dengan resolusi yang cukup tinggi agar tidak terlihat blur dan bisa dilihat denga jelas.
  4. Sebelum menyimpan projek. Pastikan untuk kembali memeriksa desain PPT secara menyeluruh untuk memastikan bahwa semuanya terlihat seperti yang Anda inginkan.
  5. Jika Anda memasukkan animasi atau transisi khusus di slide PowerPoint maka perlu diingat bahwa tidak semua efek tersebut akan mentransfer dengan sempurna ke PowerPoint. Anda sebaiknya menyesuaikan kembali efek-efek tersebut setelah mengimpor presentasi ke PowerPoint.
  6. Pastikan setiap slide di Canva sudah lengkap dengan semua elemen yang diperlukan, termasuk teks, gambar, grafik, dan elemen-elemen desain lainnya.
  7. Gunakan font yang ada di Canva yang sudah tersedia di PowerPoint agar format font yang dipilih bisa terbaca saat dibuka ke program Microsoft PowerPoint.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara menyimpan Format PowerPoint di Canva agar tidak berubah. Nah cara di atas bisa membantu Anda maka dari itu perhatikan setiap langkah yang diberikan agar bisa membantu Anda nantinya. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk Anda dan semua pengguna Canva lainnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Save PPT di Canva Agar Tidak Berubah"

close