Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prospek Kerja DKV dan Gaji Yang Harus Kalian Tahu

 Prospek Kerja DKV dan Gaji

Ada beberapa prospek kerja untuk desain komunikasi visual yang bisa menjadi tujuan kalian untuk bekerja. DKV merupakan cabang desain yang bertujuan untuk mengetahui konsep komunikasi pada objek gambar dan foto. Bagi kalian alumni DKV akan kami berikan daftar prospek kerja DKV beserta gajinya.

Mata kuliah DKV berfokus untuk mempelajari suatu cabang dari ilmu desain agar dapat berkomunikasi melalui teknik elemen visual. Sehingga kita dapat memberikan makna dari suatu desain yang dibuat agar dapat memberikan arti dari suatu desain. Untuk gelar dari sarjana Desain Komunikasi Visual yaitu (S.Ds).

Contoh Desain Komunikasi Visual

Untuk contoh dari DKV sering sekali kita jumpai di stasiun televisi seperti iklan televisi dan film yang siap tayang. Untuk contoh DKV selain dalam bentuk video yaitu produk media cetak seperti katalog, poster, brosur dan bahkan kemasan produk makanan dan sejenisnya.

Pekerjaan Sarjana DKV

Salah satu jurusan desain grafis yang populer yaitu jurusan Desain Komunikasi Visual. Jika kalian berminat kuliah jurusan DKV, kalian wajib mengetahui karier seorang desain komunikasi visual.

Baca Juga: Template Portofolio Desain Grafis Untuk Melamar Pekerjaan Free CDR

Sarjana DKV dapat bekerja di bidang industri kreatif seperti Arsitektur, Periklanan, Film,  Musik, Pasar seni dan sebagainya. Maka dari itu kalian wajib melatih skill desain kalian sebelum bekerja di industri kreatif.

Ruang Lingkup Kerja DKV:

  1. Media Massa, Televisi dan Perfilman
  2. Rumah Produksi (Production House)
  3. Periklanan (Advertising)
  4. Game & Animasi
  5. Freelance

12 Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual

Berikut prosperk kerja DKV yang bisa menjadi tujuan kalian untuk bekerja setelah selesai menempuh pendidikan Desain Komunikasi Visual.

Fotografer

Prospek kerja yang pertama yaitu kalian bisa menjadi seorang fotografer profesional karena mempunyai skill DKV yang baik. Gunakan kamera terbaik untuk mengambil foto dan mengedit foto sehingga menghasilkan foto yang baik. Untuk gaji yang kalian dapatkan bisa mencapai Rp. 3000.000. - Rp. 6000.000

Illustrator

Membuat sebuah gambar ilustrasi menggunakan alat gambar dan aplikasi desain seperti Adobe ilustrator merupakan salah satu kelebihan anak DKV untuk bisa mendapatkan pekerjaan menjadi illustrator. Untuk gaji seorang illustrator sekitar Rp. 5.000.000 – Rp. 7.000.000 perbulan.

Photo Editor

Untuk menjadi seorang editor foto kalian akan dihadapi dengan berbagai macam teknik editan foto yang harus kalian kuasai, jadi kalian harus menguasai aplikasi edit foto terbaik seperti Adobe Photoshop. Untuk gaji seorang editor photo sekitar Rp. 2.000.000 – Rp. 3.000.000 perbulan.

Komikus

Jika kalian mahir dalam menggambar karakter kartun dan pandai menyusun cerita, kalian bisa mendapatkan penghasilan dengan cara membuat komik yang bisa di jual dan mempromosikan komik kalian ke situs penyedia komik seperti Webtoon. Untuk gaji seorang komikus sekitar Rp. 3.000.000 – Rp. 5.000.000 perbulan.

3D Modelling

Membuat model 3D dan Animasi 3D untuk mendapatkan penghasilan cocok untuk kalian sebagai anak DKV. Kalian bisa membuat bangunan 3D digital untuk promosi bangunan menggunakan aplikasi Skechup dan membuat karakter manusia 3D menggunakan aplikasi 3D Maya. Untuk gaji 3D Modelling sekitar Rp. 3.500.000 – Rp. 7.000.000 perbulan.

Branding Agency

Sebagai seorang desain grafis jurusan DKV, sudah pasti kalian memiliki skill membuat logo dan brand perusahaan. Pelajari strategi brand untuk bisa menghasilkan desain yang layak untuk digunakan dan bisa menghasilkan uang. Mulailah belajar dari sekarang untuk persiapan yang akan datang. Untuk gaji Branding Agency sekitar Rp. 2.500.000 – Rp. 4.000.000 perbulan.

Graphic Designer

Menjadi seorang desain grafis merupakan hal yang wajar bagi kalian anak DKV, kalian bisa menghasilkan produk desain yang dipesan oleh klien kalian untuk bisa mendapatkan penghasilan. Untuk gaji desain grafis sekitar Rp. 3.500.000 – Rp. 5.000.000 perbulan.

Video Editor

Kalian anak DKV tidak hanya bisa membuat suatu karya atau produk dalam bentuk gambar dan foto saja. Kalian dapat juga menghasilkan produk dalam bentuk video yang berkualitas.

Membuat dan mengedit menjadi video yang layak untuk dijual dan ditonton. Kalian bisa bekerja di stasiun televisi dan perusahaan yang bergerak dibidang media massa. Untuk gaji Video Editor sekitar Rp. 2.500.000 – Rp. 4.000.000 perbulan.

Freelance Designer

Menjadi seorang Freelance yang tidak ingin terikat kontrak dengan perusahaan, penghasilan yang kalian dapatkan menjadi seorang freelance yaitu tergantung dari jumlah klien dan harga yang kalian sepakati bersama.

Untuk gaji dari Freelance tidak memiliki perkiraan gaji karena kalian akan mendapatkan uang jika mendapatkan projek dari klien. Maka dari itu carilah klien sebanyak mungkin agar bisa mendapatkan penghasilan yang lebih dari cukup.

Trace Objek Gambar

Menggambar ulang gambar dengan cara Trace objek gambar untuk menghasilkan atribut gambar sebagai keperluan desain. Kalian bisa Trace gambar dan mencetak gambar tersebut kedalam desain baju untuk bisa mendapatkan penghasilan. Untuk gaji Trace Gambar sekitar Rp. 2.000.000 – Rp. 3.000.000 perbulan.

Mobile Designer

Pekerjaan yang berfokus pada pembuatan aplikasi Android dan mendesain tampilan layar agar sesuaid dengan tampilan layar Smartphone. Untuk bekerja bagian ini kalian wajib memiliki skill bahasa pemrograman Android Studio. Untuk gaji bisa mendapatkan sekitar Rp. 5000.000.

Advertising Agency

Bekerja sebagai Advertising Agency akan memberikan kalian pekerjaan membuat konten visual yang menarik. Beberapa perusahaan di indonesia yang mempunyai pekerjaan seperti ini yaitu seperti Serta Y&R dan Ogilvy Indonesia. Untuk gaji  sekitar Rp. 2.000.000 – Rp. 3.000.000 perbulan.

Itulah artikel yang membahas mengenai prospek kerja desain komunikasi visual yang wajib kalian ketahui supaya bisa mendapatkan gambaran mengenai pekerjaan seperti apa yang cocok kalian kerjakan.

Bagi kalian yang lulusan DKV, jika mulai bekerja di perusahaan biasanya akan mendapatkan gaji tiap bulan sekitar Rp. 3.000.000 – Rp. 5.000.000 per bulan, itupun tergantung dari perusahaan yang kalian tempati bekerja dan pengalaman kalian bekerja.

Syarat utama jika kalian bekerja sebagai anak DKV yaitu kalian harus mampu dan bisa menggambar menggunakan alat tulis cetak seperti pensil, pulpen dan alat tulis lainnya. Sedangkan untuk alat tulis digital yaitu seperti Wacom.

Baca Juga:

Post a Comment for "Prospek Kerja DKV dan Gaji Yang Harus Kalian Tahu"

close