Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi


 SHAREit adalah aplikasi yang dapat membantu pengguna untuk mengirim berbagai jenis file seperti foto, video, musik, aplikasi dan game. Biasanya kita memakai bluetooth untuk mengirim file, namun dengan bantuan SHAREit maka kita bisa lebih cepat dalam mentransfer file. Terkadang ada beberapa orang yang tidak memiliki kuota internet sehingga tidak bisa mendownload aplikasi SHAREit atau juga terkendala dengan jaringan yang tidak bagus.

Sehingga mengharuskan mereka untuk mengirim SHAREit lewat bluetooth. Cara ini sangat praktis karena tanpa aplikasi dan tidak membutuhkan kuota internet. Anda hanya perlu mengaktifkan bluetooth kemudian mentransfernya ke HP si penerima.


Apakah SHAREit bisa mengirim aplikasi? SHAREit memiliki fungsi yang hampir sama dengan Bluetooth yaitu dapat mengirim dan menerima berbagai jenis file seperti musik, video, foto dan dokumen. Kelebihan yang dimiliki SHAREit adalah dapat mengirim aplikasi jenis apapun sedangkan Bluetooth tidak bisa.

Meskipun bluetooth dapat mengirim berbagai macam file, namun aplikasi SHAREit lebih baik karena bisa mentransfer file dengan cepat. Bahkan ukuran sekitar 1GB dapat selesai dikirm dalam waktu beberapa menit saja. Anda dapat memakainya di HP Android, Iphone, PC dan Laptop.

Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi

Nah. Pada pembahasan kali ini saya memberikan tutorial mengenai cara mengirim aplikasi SHAREit melalui Bluetooth tanpa aplikasi agar orang lain yang belum sempat mengunduhnya bisa langsung mendapatkannya dari pengguna lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan SHAREit

Sebelum masuk ke tutorialnya, ada bagusnya jika Anda mengetahui kelebihan sekaligus kekurangan dari aplikasi SHAREit agar pada saat menggunakan aplikasinya, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kelebihan Aplikasi SHAREit

  • Bisa mentransfer data dengan cepat
  • Tidak membutuhkan koneksi internet
  • Dapat digunakan di berbagai perangkat seperti HP, Tablet, Laptop dan PC
  • Ukuran aplikasi yang cukup ringan yaitu 30 MB
  • Memiliki jumlah pengguna cukup banyak sekitar 1 juta lebih dan mendapatkan rating 4.2 di Play Store
  • Aplikasi SHAREit rutin di perbarui sehingga bisa mendapatkan fitur terbaru

Kekurangan Aplikasi SHAREit

  • Hanya bisa digunakan untuk mentransfer file dalam jarak maksimal 10 meter
  • Tidak dapat digunakan untuk mengirim data melalui E-mail dan SMS
  • SHAREit hanya mampu mengirim file maksimal 5 orang secara bersamaan
  • Terkadang aplikasi SHAREit terkena virus sehingga Anda harus hati-hati mengirim file. Apalagi jika file tersebut cukup penting

Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi


Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini. Maka selanjutnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah dalam mengirim atau mentransfer file melalui SHAREit.

  • Silakan buka aplikasi SHAREit yang ada di HP Anda
  • Lalu pada tampilan aplikasi, pilih icon orang seperti pada contoh gambar dibawah ini.
  • Nantinya akan muncul tampilan baru, disini Anda pilih tombol Bluetooth
Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi
  • Kemudian cari Bluetooth si penerima dan hubungkan dengan perangkat Anda
  • Langkah selanjutnya, cek HP si penerima dan pilih tombol Izinkan supaya bisa memulai proses pengiriman aplikasi melalui Bluetooth
  • Tunggu beberapa saat sampai SHAREit sudah selesai di kirim ke Bluetooth
  • Selesai

Selain melalui Bluetooth. Anda juga dapat mengirim file melalui Hotspot. Caranya adalah mengaktifkan Hotspot dan memilih tombol tambahkan di aplikasi SHAREit. Lalu menyuruh si penerima memasukkan URL Anda melalui browser seperti Google Chrome. Jika sudah, tunggu beberapa saat sampai proses pengiriman SHAREit dimulai.

Tips Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth

Pada saat Anda ingin mentransfer file seperti aplikasi SHAREit sebaiknya lakukan pengiriman dalam jarak yang cukup dekat agar proses mengirim file bisa cepat. Selain itu periksa penyimpanan memori HP yang dipakai untuk menampung file yang sudah masuk. Perlu Anda tahu ukuran aplikasi SHAREit sekitar 50 MB, jadi penyimpanan memori HP harus kosong setidaknya 1 GB.

Jika aplikasi SHAREit tidak dapat mengirim file. Sebaiknya update aplikasi Anda melalui Google Play Store karena terkadang aplikasi SHAREit sering mengalami BUG atau masalah karena tidak pernah di update.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara mengirim SHAREit lewat Bluetooth tanpa aplikasi. Semoga dengan adanya tutorial yang sudah Anda baca dapat bermanfaat dan bisa diterapkan dengan mudah. Jika Anda yang belum dipahami silakan berikan komentar agar bisa kami bantu. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi"