Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Green Screen di PicsArt


 Green screen adalah sebuah alat yang menyerupai kain atau backdrop berwarna hijau yang sering digunakan untuk mengabungkan objek dengan latar belakang yang sudah dipilih. Jika ingin menghapus green screen pada foto atau video, Anda dapat menggunakan aplikasi PicsArt yang bisa dipakai di HP secara gratis.

Cara menghilangkan green screen di PicsArt dapat dilakukan dengan mudah karena memiliki tool hapus latar belakang. Dengan begitu, Anda bisa mengganti background foto atau bahkan ingin menyimpan foto yang sudah dihapus green screennya dalam bentuk gambar.png.

Cara Menghilangkan Green Screen di PicsArt
PicsArt saat ini sudah sering digunakan dalam mengedit foto karena tampilan antar muka yang mudah dimengerti dan fitur yang ada juga cukup lengkap, maka tidak heran jika banyak orang yang hobi edit foto menggunakan aplikasi PicsArt.

Pada pembahasan kali ini, sobat-tutorial memberikan langkah-langkah dalam menghilangkan green screen yang ada pada foto menggunakan PicsArt. Jika penasaran dengan tutorialnya, silahkan Anda simak pembahasan ini sampai selesai supaya bisa mengetahui caranya.

Cara Kerja Green Screen

Dalam penggunaan green screen, kita selalu memakainya pada saat ingin mengganti latar belakang. Biasanya sering ditemukan pada proses pembuatan film dan meeting dalam bentuk video seperi Zoom. Dengan menggunakan green screen, Anda tidak perlu khawatir jika memiliki latar belakang yang kurang menarik, karena dapat diganti sebelum memulai meeting video.


Nah. Sebelum mengganti background, terlebih dahulu kita hapus green screennya. Caranya bisa menggunakan aplikasi PicsArt di HP Android dan juga iPhone. Dengan begitu, Anda tidak perlu membayar orang untuk membantu Anda, karena bisa dilakukan sendiri. Untuk caranya bisa dipelajari di tutorial ini.

Cara Menghilangkan Green Screen di PicsArt

Sebelum mengikuti tutorial ini, seperti biasa instal aplikasi PicsArt di HP yang Anda pakai. Setelah itu, siapkan foto yang ingin Anda hilangkan green screennya. Jika sudah, silahkan simak tutorialnya dibawah ini.

1. Buka aplikasi PicsArt dan masukkan foto

Pertama, buka PicsArt dan pilih foto yang ingin Anda hilangkan green screennya. Caranya pada tampilan beranda pilih tombol (+) untuk memilih foto di galeri HP.

2. Memulai proses penghapusan green screen

Setelah foto sudah masuk ke halaman editing, Anda akan melihat kumpulan menu yang bisa digunakan mengedit foto. Untuk menghilangkan green screen, gunakan menu Buang yang bentuknya menyerupai gunting.

Cara Menghilangkan Green Screen di PicsArt

3. Menyeleksi objek foto

Langkah berikutnya Anda seleksi objek foto dan menyisakan latar belakang. Pada pilihan menu Buang terdapat beberapa tool seperti tool Pilih, Kerangka, Bentuk, Kuas dan Hapus. Gunakan tool Pilih untuk menyeleksi objek yang ada pada foto, lalu pilih tombol Centang untuk melihat hasilnya.


Jika ingin seleksi area foto secara manual, gunakan tool Kuas. Hasilnya bisa dilihat dibawah ini.

Cara Menghilangkan Green Screen di PicsArt

4. Menyimpan foto

Cara Menghilangkan Green Screen di PicsArt

Setelah berhasil menghapus green screen, selanjutnya adalah menyimpan foto. Pilih tombol centang yang ada dibagian atas kanan aplikasi, lalu pilih menu Galeri agar foto disimpan ke folder galeri HP. Jika ingin langsung membagikannya ke media sosial, gunakan pilihan menu sesuai media sosial yang ingin digunakan seperti Facebook, Instagram, Whatsapp dan lainnya.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting di PicsArt yaitu merubah warna baju menjadi putih sehingga orang yang ada dalam foto dapat diganti warna bajunya.

Tutorial PicsArt lainnya:

Jika ingin menghapus background video, gunakan aplikasi edit video seperti VN dan Kinemaster yang sebelumnya sudah saya buatkan tutorialnya.

Tips Dalam Menghilangkan Green Screen Pada Video dan Foto

Supaya Anda dapat lebih mudah menghapus green screen, berikut sobat-tutorial berikan tips yang bisa dipelajari:

  1. Menu yang dipakai untuk menghilangkan green screen yaitu menu Buang yang memiliki beberapa tool didalamnya, seperti tool Pilih untuk menyeleksi objek foto secara otomatis, tool Kuas untuk menyeleksi secara manual dan tool hapus untuk menghapus area seleksi.
  2. Menu Buang juga berfungsi untuk menghapus dan mengganti background foto.
  3. Pada saat proses menghilangkan latar belakang, Anda harus hati-hati supaya tidak menyeleksi area yang tidak ingin dihapus, jika tidak sengaja melakukannya, maka gunakan tool hapus untuk membatalkan area yang terseleksi.
  4. Jika menu Buang tidak tersedia di aplikasi PicsArt, maka solusinya lakukan update aplikasi supaya fitur yang belum ada dapat ditampilkam.
  5. Untuk membuat green screen, Anda bisa memakai warna hijau dan biru karena tidak memiliki warna yang sama dengan kulit manusia.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara menghilangkan green screen di PicsArt. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar. Semoga tutorial yang diberikan dapat dimengerti dan bisa dipraktekan dengan mudah. Sampai jumpa di tutorial PicsArt berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Green Screen di PicsArt"

close