Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memposting Foto di Instagram Agar Tidak Terpotong


 Jika Anda pengguna Instagram tentu sering mengupload foto supaya dapat dilihat oleh pengguna lainnya. Biasanya kendala yang sering dialami pada saat upload foto yaitu ditemukan objek foto atau gambar yang terpotong sehingga postingan terlihat kurang memuaskan. Jika Anda mengalami hal seperti ini maka silahkan simak artikel ini.


Memposting foto di Instagram agar tidak terpotong merupakan suatu hal yang menarik karena foto yang di posting dapat dilihat secara penuh karena tidak ada bagian yang di crop. Namun fitur yang ada di Instagram masih belum bisa menampilkan foto dengan ukuran penuh sehingga pengguna harus memakai cara tersendiri.

Cara Memposting Foto di Instagram Agar Tidak Terpotong

 Jika belum memiliki cara yang bisa mengatasi hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena sobat-tutorial akan membantu Anda dengan memberikan tutorial bagaimana memposting foto atau gambar di IG supaya tidak ada bagian objek yang terpotong. Dengan begitu Anda bisa menampilkan foto secara maksimal.


Apalagi Instagram sudah menjadi aplikasi favorit bagi orang yang hobi memposting foto, maka tidak ada salahnya jika meluangkan waktu dalam membaca tutorial yang diberikan.

Memposting Foto di Instagram Agar Tidak Terpotong

Sebelum masuk ke tutorialnya, pastikan Anda saat ini sudah login menggunakan akun Instagram yang Anda punya. Selain itu, siapkan juga foto yang mau di posting tanpa harus di potong. Jika sudah maka silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

  • Langkah pertama buka aplikasi Instagram di HP Android atau iPhone yang Anda pakai.
  • Kemudian login menggunakan akun IG Anda, lalu pada tampilan halaman beranda tap ikon tambah dibagian kanan atas lalu pilih opsi Posting agar Anda bisa mengupload foto.
  • Silahkan cari foto atau gambar di galeri HP Anda. Untuk bisa memposting foto supaya tidak terpotong, Anda harus klik ikon resize dibagian kiri bawah gambar. Seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Cara Memposting Foto di Instagram Agar Tidak Terpotong
  • Setelah itu Anda akan melihat perubahan dimana foto akan tampil dengan sepenuhnya.
  • Selanjutnya klik tombol Centang dibagian kanan atas. Silahkan edit foto dengan memberikan efek yang sudah disediakan oleh Instagram.
  • Pilih lagi tombol panah dikanan atas dan atur postingan mulai dari menuliskan keterangan foto, menandai orang, memberikan lokasi dan sebagainya.
  • Terakhir pilih tombol centang untuk memposting foto.
  • Selesai Anda sudah berhasil posting foto tanpa terpotong.

Pada saat upload foto, sebaiknya pilih foto dengan orientasi yang sama misalnya potret supaya tidak mempengaruhi orientasi foto lainnya. Begitupun dengan video yang mau di posting lakukan dengan cara yang sama seperti di atas.

Untuk menambah kualitas postingan Anda supaya semakin menarik, sebaiknya membuat tulisan miring di Instagram.

Tutorial Instagram lainnya:

Ukuran Foto di Instagram Yang Tidak Terpotong

Ukuran foto juga dapat menentukan terpotongnya objek atau tidak, berikut ini ukuran feed Instagram terbaru yang bisa Anda gunakan:

  1. Foto ukuran persegi 1080 x 1080 piksel.
  2. Foto ukuran landscape 1080 x 608 piksel.
  3. Foto ukuran portrait 1080 x 1350 piksel.
  4. Foto ukuran untuk IG story 1080 x 1920 piksel.
  5. Foto ukuran untuk IG Live 1080 x 608 piksel.
  6. Foto ukuran untuk IGTV 1080 x 1920 piksel (Portrait) & 1920 x 1080 Piksel (Landscape).
  7. Foto ukuran untuk Instagram Reels 1080 x 1920 Piksel.

Tips Memposting Foto di Instagram

Adapun tips yang bisa sobat-tutorial berikan pada saat ingin mengupload foto ke IG sebagai berikut:

  1. Selain cara di atas, Anda juga dapat memakai cara lainnya seperti menambahkan border atau bingkai warna putih pada foto. Ini dilakukan supaya bagian pinggir foto yang masih terpotong dapat ditampilkan sepenuhnya. Jika memakai border putih tentu tidak akan terlihat nampak sehingga tidak mengganggu kualitas gambar.
  2. Jika mau posting foto dengan jumlah lebih dari satu, sebaiknya pilih foto dengan orientasi yang sama karena Instagram akan memotong bagian objek jika memiliki orientasi yang berbeda dari setiap gambar.
  3. Posting foto dengan kualitas HD agar foto dapat ditampilkan dengan jernih dan tidak pecah.

Akhir Kata

Sangat menyenangkan jika berhasil memposting foto di Instagram tanpa khawatir ada bagian yang terpotong. Semoga tutorial di atas bisa membantu Anda, jika ada yang masih belum dipahami silahkan berikan komentar. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Memposting Foto di Instagram Agar Tidak Terpotong"

close