Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan Tampilan Word Menjadi Normal


 Terkadang kita sering menemukan masalah dimana tampilan Microsoft Word yang digunakan tiba-tiba berubah sehingga membuat kita bingung. Entah itu akibat kita salah menekan tombol atau aplikasi Word yang memang bermasalah. Tentu hal ini harus segera diatasi agar kita dapat mengerjakan tugas dengan nyaman.

Mengembalikan tampilan Word menjadi normal akan menjadi pembahasan utama dalam artikel ini. Jadi bagi Anda yang mengalami masalah tersebut sebaiknya simak tutorial ini sampai selesai. Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang sering digunakan untuk mengerjakan tugas. Baik orang yang sudah bekerja di Kantor maupun menempuh pendidikan tidak lepas dari aplikasi pengolah kata yang satu ini.


Jika tidak sengaja mengubah tampilan Word dapat mengakibatkan kita sulit untuk mengetik di halaman kerja. Selain itu tampilan yang sudah berubah dapat membuat tampilan Word tidak menjadi full sehingga mengganggu kita yang sedang bekerja. Tentu kita ingin menyelesaikan pekerjaan agar bisa beristirahat, maka dari itu sebaiknya atur tampilan Microsfot Word menjadi normal.


Ada banyak versi Microsoft Word yang sudah digunakan, mengenai tutorial ini Anda dapat mengembalikan tampilan Word versi 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019 karena menu dan tool yang ada tidak jauh berbeda. Jadi tidak perlu khawatir jika memakai versi yang berbeda.

Mengembalikan Tampilan Word Menjadi Normal


Untuk mengembalikan tampilan Word, kita terlebih dahulu memahami mode tampilan yang ada seperti Read Mode, Print Layout, Web Layout, Outline dan Full Screem Reading. Mode ini sering digunakan sesuai kebutuhan.

Mengenai mode tampilan yang dipakai untuk mengetik yaitu Print Layout sedangkan tampilan untuk membaca yang dipakai untuk presentai yaitu Read Mode. Untuk mengaturnya Anda hanya perlu memilih ikon mode di pojok kanan bawah halaman kerja Word.

Namun jika menemukan tampilan yang sulit dimengerti sehingga harus dikembalikan seperti semula. Maka berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk mengembalikan tampilan Word menjadi normal.

  • Pertama masuk di menu View yang ada di menu Ribbon.
  • Pada bagian Grup Views, pilih opsi Print Layout supaya bisa menampilkan Word menjadi normal.
  • Jika sedang masuk ke tampilan Read Layout atau mode baca maka klik ikon Print Layout yang berada di pojok kanan bawah.
Cara Mengembalikan Tampilan Word Menjadi Normal
  • Selesai.

Baca juga: Cara Mengatur Ukuran Logo di Word

Cara Kedua

Selain cara di atas, Anda juga dapat mengubah tampilan Word menjadi normal dengan memanfaatkan fitur Regedit. Adapun caranya dapat dilihat sebagai berikut.

  • Pertama kita tutup dulu Microsoft Word yang sedang dibuka.
  • Kemudian klik ikon pencarian pada Taskbar dan ketikkan Regedit. Cara lainnya klik ikon Windows + R pada keyboard lalu ketikkan Regedit dan klik tombol OK.
Cara Mengembalikan Tampilan Word Menjadi Normal
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan Regedit.
  • Selanjutnya pilih folder HKEY_CURRENT_USER dan klik folder Software.
  • Setelah itu cari dan pilih folder Office. Nanti muncul folder berisi angka seperti 14.0, 15.0 dan lainnya. Folder angka yang tampil merupakan versi dari Word yang Anda pakai misalnya angka 15.0 untuk versi Word 2013. Silahkan pilih folder yang sesuai.
  • Jika sudah, silahkan klik kanan folder dan pilih opsi Hapus atau Delete agar menghapus file Word yang terdahulu yang mengakibatkan tampilan Word menjadi berubah.
  • Terakhir klik opsi Yes dan buka aplikasi Microsoft Word kembali.
  • Selesai, silahkan tutup jendela Regedit.

Jika ingin menyimpan file Word dan tidak ingin Ada orang lain mengeditnya maka silahkan baca artikel ini mengunci file Word agar tidak bisa diedit. Cara ini bisa dicoba untuk mengamankan dokumen yang dianggap sangat penting.

Mengatasi Tampilan Word Tidak Full

Jika mengalami tampilan Microsoft Word yang tidak full maka sebaiknya ikuti tutorial berikut ini.

  1. Silahkan masuk ke menu Ribbon View.
  2. Lalu pilih opsi Full Screen Reading.
  3. Cara lainnya yaitu memilih ikon Ribbon yang berada di pojok kanan atas. Lalu pilih opsi Shows Tabs and Commands.
  4. Selesai.

Baca juga: Cara Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Word

Mengatasi Tampilan Word Terpotong

Tampilan Word yang terpotong biasanya bagian Header atau Margin atas yang mengakibatkan kita sulit mengerjakan tugas. Untuk menampilkan bagian yang hilang Anda dapat mengikuti tutorial di bawah ini.

  • Pertama buka Microsoft Word. Setelah masuk ke halaman kerja, klik 2x pada bagian di bawah Ruler agar bagian yang terpotong dapat dimunculkan.
  • Jika Word yang Anda pakai tidak menampilkan Ruler maka pilih menu Ribbon View dan centang pilihan Ruler dibagian grup Show.
  • Cara lain yang bisa dilakukan yaitu masuk di menu File > Options.
  • Pilih opsi Display dan scroll ke bawah sampai menemukan pilihan Show White Space Between Pages in Print Layout.
  • Pilih dan klik tombol OK.
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara mengembalikan tampilan Word menjadi normal kembali. Semoga bisa dimengerti dengan mudah. Jika ada yang masih belum dipahami jangan sungkan meninggalkan komentar supaya bisa diberikan panduan. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengembalikan Tampilan Word Menjadi Normal"

close