Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjual Elemen di Canva


 Elemen di Canva sering digunakan untuk membuat dan mengedit grafis yang dikerjakan. Ada banyak elemen yang bisa dipakai seperti elemen bentuk, text, foto, video dan stiker. Dengan begitu kita bisa mendesain suatu karya yang menarik dilihat. Canva saat ini sudah menjadi salah satu aplikasi desain grafis yang patut digunakan karena fitur yang disediakan cukup lengkap.


Berbeda dengan aplikasi editing lainnya. Canva tidak hanya menyediakan menu dan tool, namun juga mampu memberikan elemen desain agar bisa digunakan untuk mengerjakan projek yang dibuat. Maka tidak heran jika banyak orang yang mahir desain grafis tertarik menggunakan aplikasi Canva.

Cara Menjual Elemen di Canva

Nah bagi Anda yang memiliki beberapa elemen maka sebaiknya jual melalui Canva supaya bisa menghasilkan uang, lumayan untuk dipakai jajan sehari-hari. Nantinya jika salah satu elemen ada yang dibeli oleh klien maka kita bisa mendapatkan royalti berupa imbalan. Untuk caranya Anda hanya perlu mengirimkan aset desain kemudian menunggu sampai ada yang tertarik menggunakan elemen yang dibuat.


Pada pembahasan ini sobat-tutorial menjelaskan bagaimana kita bisa menjual elemen di Canva. Jika tertarik ingin mempelajarinya maka silahkan luangkan waktu Anda.

Cara Menjual Elemen di Canva

Untuk bisa menjual elemen yang sudah dibuat di Canva, Anda terlebih dahulu bergabung dengan Canva Kontributor yang merupakan suatu program Canva bagi orang yang mau memberikan desain untuk disumbangkan namun kita tetap mendapatkan royalti.


Menjadi kontributor tidak akan membuang waktu Anda karena sistem ini bisa menyesuaikan waktu yang kita miliki. Kenapa? Karena Anda hanya perlu mengirimkan desain Anda yang sudah jadi lalu menunggu sampai ada yang mau memakai desain yang dibuat.

Untuk jenis elemen desain yang sering dipakai yaitu video, foto, bingkai dan grafis. Anda tidak perlu mahir membuat semua elemen tersebut. Buat saja yang Anda bisa agar tidak memberatkan pekerjaan Anda nantinya pada saat menjadi kontributor Canva.

Baca juga: Perbedaan Canva Kontributor dan Creator

Cara Mendaftar Menjadi Kontributor Canva

  • Pertama kita masuk di halaman Canva Contributor dan memilih opsi Become a Contributor.
  • Masuk menggunakan akun Canva dengan login memakai akun Google atau Facebook.
  • Setelah masuk ke halaman Hub Kontributor maka nanti kita sudah bisa mengupload file desain elemen di Canva.
  • Kemudian masuk dibagian Menu dan pilih opsi Lihat Semua.
  • Lakukan Scroll dan pilih perusahaan.
  • Pilih persyaratan dan privasi.
  • Lalu pilih kontributor dan mulai mengupload desain.
  • Selesai.

Supaya proses mengunggah file desain berjalan dengan lancar sebaiknya ubah tampilan Canva menjadi tampilan Dekstop. Jangan lupa isi form pengisian yang terdiri dari judul, nama, kata kunci dan lainnya.

Apakah elemen di Canva bebas hak cipta? Elemen yang terdapat pada Canva sudah bebas hak cipta sehingga kita bisa menambahkan dan menggabungkan elemen yang ada dengan grafis yang mau dikerjakan.

Penghasilan Dari Penjualan Elemen Canva

Mengenai pendapatan yang didapat tidak menentu karena tergantung dari berapa elemen desain Anda yang diterima oleh pihak Canva. Selain itu juga menyesuaikan dengan penggunaan elemen yang Anda upload. Untuk royalti yang diterima akan menyesuaikan dengan harga tiap elemen yangs udah ditentukan.

Menjual Template Canva

Anda dapat menjual template Canva yang sudah dibuat melalui situs Microstock, namun Anda harus membuat portofolio desain agar bisa menjadi tolak ukur dari skill desain yang Anda miliki. Kalau portofolio yang Anda kirimkan menarik maka pihak Microstock akan mempertimbangkan untuk menerima karya yang dibuat.

Akhir Kata

Menjual elemen di Canva boleh dilakukan dalam bentuk Template dan dibuat oleh Anda sendiri bukan diambil dari karya orang lain. Demikianlah pembahasan ini semoga bisa menambah wawasan Anda mengenai Canva. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menjual Elemen di Canva"