Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Posting Video Panjang di Instagram


 Seperti yang kita tahu aplikasi Instagram dapat menampilkan video dan foto dari pengguna, biasanya kita ingin memposting video dengan durasi lama agar bisa memperlihatkan video yang lebih menarik dari pengguna IG lainnya.  Namun ada beberapa orang yang masih belum tahu bagaimana memposting video panjang di Instagram sehingga hanya durasi satu menit saja yang bisa mereka upload.


Cara posting video panjang di Instagram sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan fitur IGTV atau Instagram TV yang katanya dapat bersaing dengan Youtube dan TikTok. Hampir setiap hari kita melihat akun IG yang memposting video dan banyak yang menontonya dibanding sekedar foto dan gambar, ini bisa menjadi bukti bahwa konten dalam bentuk video dapat menarik perhatian dibanding konten yang sekedar gambar saja.

Instagram beberapa tahun belakangan telah menjadi aplikasi media sosial yang cukup aktif dan memiliki pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Sudah banyak video yang dibuat dan memiliki durasi yang cukup panjang, bahkan perusahaan atau instansi tidak lepas dari media promosi berbentuk video.


Nah jika Anda tertarik ingin mengetahui cara memposting video panjang dengan durasi yang bisa Anda tentukan maka sebaiknya simak artikel ini yang sudah ada tutorialnya, sehingga bisa memperlihatkan video yang Anda buat ke publik tanpa khawatir ada bagian scene yang terpotong akibat durasi yang dibatasi.

Cara Memposting Video Panjang di Instagram


Sebelum memulai mengikuti tutorial ini, pastikan sudah memperbarui aplikasi Instagram di Smartphone yang Anda gunakan agar fitur IGTV dapat dipakai. Selain itu pastikan sudah menyimpan video di HP Anda supaya bisa di upload ke akun IG yang dimiliki. Jika sudah silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama buka aplikasi Instagram di HP Anda.
  • Lalu upload video yang lebih dari 1 menit, caranya klik ikon tambah di pojok kanan atas dan pilih opsi Posting.
  • Kemudian cari video Anda dengan memilih folder galeri yang ada. Jika video sudah ditemukan silahkan Anda klik ikon selanjutnya di pojok kanan atas
Cara Posting Video Panjang di Instagram
  • Setelah itu Anda akan disuruh untuk menambahkan filter pada video, pilih efek filter yang Anda suka. Jika ada bagian video yang mau Anda pangkas maka pilih opsi Potong.
  • Klik tombol Selanjutnya jika sudah selesai.
  • Tekan tombol OK jika ada petunjuk mengenai “remix untuk video Anda”.
  • Selanjutnya berikan keterangan mengenai video yang mau Anda upload. Anda juga bisa menandai orang dan lokasi.
  • Jika ingin mengganti sampul video maka pilih opsi Pengaturan Lanjutan.
  • Jika sudah tidak ada yang ingin diatur maka klik tombol Bagikan untuk memulai membagikan video panjang yang Anda buat.
  • Selesai.

Baca juga: Cara Mengubah Tulisan di Instagram Tanpa Aplikasi

Posting Video Panjang Melalui Laptop

Selain menggunakan HP, pengguna Instagram juga bisa memposting video melalui perangkat laptop dan PC. Jika belum mengetahui caranya maka silahkan ikuti tutorial berikut ini.

  • Silahkan kunjungsi Instagram dengan menyalin link berikut ini https://www.instagram.com/tv/upload/.
  • Setelah masuk ke IG, klik tanda tambah yang besar untuk memulai upload video durasi panjang.
  • Silahkan isi deskripsi mengenai video Anda.
  • Klik tombol Post untuk memposting video. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.
  • Jika sudah selesai maka Anda sudah bisa melihat video panjang di IG.

Baca juga: Cara Buat Sorotan di Instagram

Ukuran Video Instagram

Untuk ukuran video Instagram yang bisa digunakan agar tidak ada bagian terpotong adalah 9:16 dari aspect ratio. Untuk satuan ukuran piksel yaitu 1080x1920 px. Jika dirasa terlau besar maka sesuaikan saja dengan ukuran layar HP Anda. Sedangkan untuk ukuran Instagram Feed yaitu 1:1 dan maksimal aspect ratio 4:5.

Penyebab Tidak Bisa Upload Video Panjang di Instagram

Jika video durasi panjang yang Anda upload tidak bisa, ini terjadi akibat aplikasi IG yang dipakai belum diperbarui alias masih versi lama sehingga menyebabkan fitur yang ada belum bisa digunakan secara maksimal. Maka dari itu update aplikasi Instagram Anda supaya bisa mengupload video dengan durasi yang bisa ditentukan.

Maksimal Durasi Video di Instagram

Untuk durasi panjang video di IG maksimal 10 menit untuk bagian Reels. Jika ingin mengunggah durasi yang lebih lama misalnya 1 jam maka unggah video sebagai konten video biasa yang ukurannya tidak lebih besar dari 3,6 GB.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara posting video panjang di Instagram. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin memasukkan video yang durasinya lebih dari 60 detik. Jangan lupa bagikan artikel ini supaya pengguna IG lainnya bisa mempelajari tutorial yang ada. Sekian dan terima kasih. Sampai jumpa di tutorial menarik lainnya.

Post a Comment for "Cara Posting Video Panjang di Instagram"

close