Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Derajat di Canva


 Tutorial ini membahas mengenai cara membuat derajat di aplikasi Canva. Adanya fitur teks pada Canva membuat pengguna dapat memasukkan berbagai macam tulisan termasuk simbol derajat seperti Celcius (oC), Kelvin (K), Fahrenheit (oF) dan sebagainya. Meskipun keyboard pada HP menyediakan simbol derajat namun ada juga sebagian pengguna HP yang tidak memilikinya.


Jika keyboard HP Anda tidak memiliki simbol derajat maka Anda tidak usah khawatir karena di Canva menyediakan tools teks yang bisa memasukkan berbagai macam tulisan dan simbol sesuai kebutuhan pengguna.

Dalam penggunaannya simbol derajat dipakai untuk penulisan suhu, jika Anda diharuskan membuat desain poster atau pamflet yang berkaitan mengenai lomba fisika dan lainnya maka ada baiknya jika memasukkan simbol derajat agar terlihat lebih menarik.


Canva merupakan aplikasi desain grafis yang memiliki fitur cukup lengkap mulai dari menambahkan atribut, merubah warna objek, menghapus latar belakang, memasukkan simbol dan sebagainya. Maka tidak heran jika banyak orang mulai menyukai aplikasi Canva untuk kebutuhan desan grafis.

Untuk membuat simbol derajat di Canva sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah kita hanya perlu memakai trik yang bisa menampilkan derajat pada angka. Nah jika Anda penasaran dengan tutorialnya maka sebaiknya sediakan waktu dalam membaca artikel ini karena sobat-tutorial.com sudah membuatkan langkah-langkahnya.


Cara Membuat Derajat di Canva

Jika ingin mempelajari tutorial yang diberikan maka sebaiknya instal aplikasi Canva di HP Android atau iPhone Anda. Kita juga bisa menggunakan Canva dengan mengunjungi situs Canva.com yang dapat di akses secara gratis melalui browser Chrome, Mozilla dan lainnya. Berikut tutorial yang bisa dipelajari.

  • Pertama buka aplikasi Canva di HP Anda.
  • Klik tombol tambah di bawah sebelah kanan dan tentukan ukuran kanvas yang mau dipakai.
  • Setelah masuk ke area kerja pilih menu Teks agar bisa mengetik simbol derajat.
Cara Membuat Derajat di Canva
  • Kemudian ketikkan angka dan atur ukuran teks dengan memilih tools Ukuran Font.
  • Selanjutnya kita buat derajat disamping angka dengan memilih opsi Lainnya. Geser tools ke kanan.
Cara Membuat Derajat di Canva
  • Klik opsi Salin dan Tempel agar text box bisa di duplikat. Nah jika sudah ketikkan hurufO’ tanpa tanda kutip.
  • Atur ukuran huruf menjadi kecil dan tempatkan dibagian kanan atas agar menjadi derajat. Sebagai contoh saya membuat simbol derajat Celcius.
  • Untuk menambahkan simbol Celcius lakukan duplikat text box dan ganti tulisan jadi huruf ‘C’ dan atur ukuran font.
  • Setelah itu atur posisinya ke tempat yang mau diselipkan derajat seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Membuat Derajat di Canva
  • Untuk membuat simbol Fahrenheit (oF) caranya sama, Anda hanya perlu menyalin teks dan mengatur posisinya agar terlihat membentuk simbol derajat.
  • Selesai.

Baca juga:

Menyimpan Derajat di Canva

Untuk menyimpan simbol derajat yang sudah dibuat caranya adalah klik ikon arah panah ke atas yang ada disamping kanan atas. Nanti muncul jendela kecil, klik tombol Unduh dan pilih format file PNG agar simbol derajat tidak menampilkan latar belakang putih sehingga dapat dimasukkan ke desain yang sedang dikerjakan.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat derajat di Canva, semoga tutorial yang diberikan dapat dimengerti dan bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini agar bisa dipelajari oleh pengguna Canva lainnya, jika menyukai tutorial ini maka seringlah mampir ke blog sobat-tutorial.com yang menyediakan beragam artikel yang menarik untuk dibaca. Sekian dan terima kasih.

1 comment for "Cara Membuat Derajat di Canva"

  1. Iy blog saya kena copas tapi power web saya masih kuat dibanding mereka

    ReplyDelete
close