Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Poster Instagram di Photoshop


 Photoshop merupakan software pengedit foto yang memiliki fitur lengkap dalam mendesain dan membuat suatu karya digital yang menarik misalnya poster, brosur, sertifikat dan sebagainya. Jika Anda ingin membuat poster untuk feed Instagram maka terlebih dahulu harus menentukan ukuran yang pada Instagram. Nah Anda bisa mendesain poster yang menarik memakai aplikasi Photoshop.


Ukuran poster Instagram di Photoshop harus Anda tahu agar bisa membuat desain poster yang pas dengan feed IG. Jika poster dengan ukuran yang salah maka akan menampilkan poster menjadi terpotong, tentu Anda tidak ingin jika sudah susah payah membuat poster ternyata ada bagian yang ikut terpotong pada saat di publish melalui Instagram.

Biasanya poster atau pamflet di posting ke IG dengan tujuan untuk menyampaikan informasi mengenai kegiatan tertentu yang diselenggarakan oleh perusahaan, kampus, sekolah dan instansi swasta maupun pemerintahan.


Nah di dalam poster menampilkan informasi penting mengenai kegiatan jadi Anda tidak boleh memposting poster yang areanya sebagian terpotong karena akan menghilangkan teks berupa informasi bagi pembaca.

Pada artikel ini sobat-tutorial.com membahas mengenai ukuran poster Instagram di Photoshop dengan ukuran cm, piksel, mm dan inci. Jadi Anda bisa memakai satuan ukuran yang ada di Photoshop sesuai kemauan.

Ukuran Poster Instagram di Photoshop


Untuk tutorial ini bisa memakai Photoshop cs3, cs6, cs4, cs5 maupun versi CC (Creative Cloud) karena fitur mengatur ukuran sudah ada disetiap Photoshop. Berikut ukuran 3 Feed Instagram untuk poster di Photoshop:

  1. Poster posisi horizontal atau landscape, jika Anda ingin memakai poster dengan posisi tersebut maka gunakan ukuran 38.1 x 21.45 cm atau 1080 x 608 piksel dengan memakai rasio 1.91:1. Jika ingin memakai ukuran yang lebih kecil maka gunakan 21.17 x 14.11 cm atau 600 x 400 piksel.
  2. Poster posisi vertikal atau portrait, untuk posisi poster jenis ini menggunakan 16.93 x 21.17 cm atau 480 x 600 piksel dengan rasio 4:5.
  3. Poster bentuk persegi, untuk bentuknya akan menampilkan poster persegi dengan rasio 1:1. Adapun ukuran idealnya yaitu 21.17 x 21.17cm atau 600 x 600 piksel.

Baca juga: Ukuran Poster A2 di Photoshop

Cara Memasukkan Ukuran Poster Instagram di Photoshop

Setelah mengetahui ukuran poster maka Anda sudah bisa memasukkannya di Photoshop. Jika masih belum tahu bagaimana mengatur ukurannya maka simak tutorial di bawah ini.

  • Langkah pertama buka aplikasi Photoshop di laptop atau PC Anda.
  • Lalu pilih tab File dan klik opsi New File.
  • Nanti akan tampil jendela New Document silahkan masukkan ukuran poster yang mau dipakai misalnya poster bentuk portrait dengan ukuran Width 16.93 dan Heigh 21.17 cm. Untuk resolusinya ubah jadi 100. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Ukuran Poster Instagram di Photoshop
  • Terakhir tekan tombol Create untuk masuk ke halaman kerja yang menampilkan kanvas dengan ukuran poster yang sudah ditentukan.
  • Selesai.

Jika Anda masih belum mahir membuat poster maka sebaiknya baca artikel ini Cara Membuat Poster di Photoshop nanti Anda juga dapat memiliki file PSD yang siap dipakai sesuai kebutuhan. Tips dari sobat-tutorial untuk Anda yaitu kuasai tools yang ada di Photoshop agar memudahkan mengerjakan projek desain.

Akhir Kata

Itulah ukuran poster di Instagram yang ada di Photoshop. Gunakan ukuran yang ada untuk membuat poster yang menarik dan disukai pengguna IG. Usahakan menampilkan teks dan gambar yang bisa dilihat dengan jelas. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Ukuran Poster Instagram di Photoshop"

close