Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Upload Video Story Instagram Agar Tidak Pecah


 Bagi Pengguna Instagram sudah sewajarnya mengupload video ke instastory namun kendala yang sering ditemukan ialah video yang diupload buram atau pecah sehingga hasil video yang ditampilkan tidak maksimal. Tentu membuat kita tidak nyaman jika video yang sudah dikerjakan dengan susah payah ternyata terlihat buram saat di posting.

Meskipun kita sudah mengatur resolusi video saat pengeditan, video yang jadipun masih tetap menghasilkan kualitas yang sangat buram sehingga pengguna Instagram yang melihat video tidak merasa tertarik. Adapun penyebabnya adalah Anda lupa mengatur resolusi video dan pengaturan lainnya yang ada Instagram.


Jadi kita tidak hanya mengatur video pada saat mengedit namun pada saat ingin diupload juga ada yang harus diperhatikan. Nah pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan tutorial mengenai cara agar kita bisa upload video story Instagram supaya tidak pecah dan buram sehingga hasil yang didapat memuaskan.

5 Cara Upload Video Story Instagram Agar Tidak Pecah


Ada 5 cara yang bisa dilakukan jika ingin mengupload video di story IG supaya tidak pecah. Adapun caranya yaitu memakai resolusi 4K, mematikan data saver Instagram, mengunggah video menggunakan laptop, memindahkan video dari ponsel ke PC melalui Google Drive dan mengikuti format video yang dizinkan Instagram. Adapun tutorialnya bisa dipelajari berikut ini.

1. Memakai Resolusi 4K

Resolusi 4K merupakan kualitas video yang sangat jernih, Anda bisa mencoba mengatur video dengan menggunakan resolusi 4K untuk story Instagram agar tidak pecah. Meskipun nanti pada saat diupload tidak menghasilkan resolusi 4K namun video yang memakai resolusi ini saat di upload akan menghasilkan bitrate yang tinggi. Selain itu penurunan kualitas video akan tetap menghasilkan kualitas video yang jernih.


Anda bisa melakukan Settings kualitas video Instagram yang mau diupload melalui kamera HP. Perlu Anda tahu setiap pengaturan video di kamera ponsel berbeda. Jika memakai HP Samsung berikut cara mengatur resolusi menjadi 4K.

  • Buka aplikasi Kamera di ponsel Anda.
  • Masuk di opsi Video.
  • Lalu klik ikon resolusi dibagian kanan atas.
  • Pilih resolusi FHD (Full HD).
  • Selesai. Anda tinggal merekam video untuk di posting ke Instagram

2. Mematikan Data Saver/Penghemat Data di Instagram

Fungsi data saver pada Instagram adalah menjaga kuota pengguna supata tidak boros. Nah Anda bisa mematikan fitur ini agar Instagram mengizinkan Anda untuk mengupload video story dengan kualitas jernih, tentu saja paket internet yang diperlukan bisa terkuras lebih banyak dari sebelumnya akibat data saver dimatikan.

Data Saver bisa Anda matikan supaya instagram tidak melakukan kompresi pada video yang nanti diunggah. Untuk caranya bisa dipelajari berikut ini.

  • Pertama buka aplikasi Instagram.
  • Masuk di menu Profil dengan melakukan klik pada ikon profil di pojok kanan bawah.
  • Kemudian klik ikon garis tiga di pojok kanan atas.
Cara Upload Video Story Instagram Agar Tidak Pecah
  • Lalu pilih menu Pengaturan.
  • Setelah itu muncul opsi pengaturan, disini pilih Akun > Penggunaan Data Seluler.
Cara Upload Video Story Instagram Agar Tidak Pecah
  • Silahkan aktifkan Penghemat Data atau Data Saver dengan menggeser tombolnya ke kanan.
  • Selesai.

Baca juga:

3. Mengunggah Video Story Melalui PC

Jika mengunggah video melalui ponsel dan masih tetap saja menghasilkan video yang pecah, maka cobalah menggunakan laptop atau PC melalui website Instagram yang bisa diakses melalui browser Google Chrome.

Namun website Instagram hanya bisa digunakan untuk melihat story IG, namun kita masih bisa mengatur tampilan Instagram pada website dengan mengubah tampilan menjadi mobile. Untuk langkah-langkahnya dapat dipelajari sebagai berikut.

  • Silahkan kunjungi web Instagram dengan menyalin link berikut ini www.instagram.com. Pastekan ke browser di HP Anda seperti Chrome dan Mozilla.
  • Kemudian login memakai akun Anda. Jika sudah masuk maka klik kanan tampilan web IG dan pilih menu Inspect.
Cara Upload Video Story Instagram Agar Tidak Pecah
  • Selanjutnya klik ikon Mobile dibagian atas seperti pada gambar di bawah ini. Nanti tampilan web Instagram akan berubah menjadi tampilan Mobile sehingga bisa upload video story.
Cara Upload Video Story Instagram Agar Tidak Pecah
  • Setelah itu refresh pada halaman Instagram agar tombol unggah bisa ditampilkan.
  • Selesai. Silahkan unggah video Anda dan lihatlah hasilnya.

4. Memindahkan Video Dari Ponsel ke PC Melalui Google Drive

Jika video yang sudah diedit tersimpan di laptop atau PC dan ingin memindahkannya ke Smartphone agar bisa diupload ke IG. Sebaiknya jangan melakukan perpindahan video melalui Whatsapp atau Line karena akan mengurangi resoulisi video.

Supaya Anda bisa memindahkan file video tanpa mengurangi kualitasnya maka gunakan layanan Google Drive yang bisa diakses melalui Ponsel dan PC. Selain Google Drive, Anda dapat juga memakai kabel USB untuk memindahkan video ke perangkat lain.

5. Mengikuti Format Video Yang Dizinkan Instagram

Perlu Anda tahu Instagram memiliki aturan sendiri dalam menentukan format video di Instagram. Adapun syarat yang diberikan disesuaikan dengan jenis video yang mau diunggah misalnya untuk kebutuhan Instagram Story yang durasi video di bawah 20 detik. Selain itu ukuran Story dan Feed Instagram harus di bawah 4 GB agar video tidak dikompres oleh pihak server.

Sedangkan untuk ukuran IG TV dengan durasi video di bawah 10 menit tidak bole memiliki ukuran melebihi 500 MB. Adapun juga format video yang dikenal oleh Instagram yaitu MP4, selain itu jangan gunakan format yang lain.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara upload video story Instagram agar tidak pecah. Gunakan 5 cara di atas untuk memposting video dengan kualitas jernih. Semoga artikel yang dibuat oleh sobat-tutorial.com bisa bermanfaat untuk Anda dan teman-teman lainnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Upload Video Story Instagram Agar Tidak Pecah"

close