Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan On Screen Keyboard di Laptop


 Keyboard On Screen adalah tools grafis yang tampil secara visual pada laptop dan PC. Jika mengalami masalah pada keyboard bawaan di laptop misalnya ada tombol yang tidak berfungsi maka Anda bisa menggunakan On Screen keyboard untuk membantu Anda mengerjakan tugas.

Cara menampilkan On Screen keyboard sebenarnya mudah dilakukan namun bagi mereka yang belum pernah memakai fitur ini maka tentu masih belum tahu caranya. Keyboard sendiri sudah menjadi salah satu komponen komputer yang berperan penting pada pengguna untuk mengetik, jika mengalami kerusakan pada saat mengerjakan tugas maka tentu akan membuat kita kerepotan.


Nah, peran On Screen keyboard inilah bisa membantu pengguna agar masih bisa mengetik tugas seperti makalah, skripsi, laporan dan sebagainya yang tentu dilakukan melalui komputer dan laptop. Dengan begitu juga kita tidak perlu langsung membeli keyboard external karena masih bisa memakai keyboard bentuk visual.

Pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan cara agar pengguna laptop bisa memunculkan On Screen keyboard untuk dipakai bekerja. Adapun tutorialnya sudah dilengkapi gambar dan penjelasan yang mudah dimengerti.

5 Cara Menampilkan On Screen Keyboard di Laptop


Ada lima cara yang bisa dipakai dalam memunculkan On Screen keyboard di laptop. Kelima cara ini akan dibahas di tutorial ini. Untuk lebih jelasnya simak tutorialnya berikut ini.

1. Melalui Ikon Taskbar

Cara pertama dalam menampilkan On Screen keyboard adalah melalui ikon Taskbar yang berada di bawah layar monitor. Berikut caranya.

  • Pertama nyalakan laptop Anda yang memakai sistem operasi Windows 7, 8, 10 atau 11.
  • Pada tampilan Taskbar dibagian bawah yang berada dipojok kanan bawah, klik ikon Touch keyboard.
  • Kemudian tunggu beberapa saat, nanti muncul On Screen keyboard pada layar laptop.
  • Selesai.

2. Melalui Menu Pengaturan

Cara kedua bisa melalui menu pengaturan atau Settings. Untuk caranya bisa dipelajari berikut ini.

  • Silahkan masuk ke menu Settings dengan menekan ikon Windows dipojok kiri bawah dan pada tampilan Settings pilih menu Ease of Acces Centre. Bisa juga menekan Shortcut Windows + U pada keyboard.
Cara Menampilkan On Screen Keyboard di Laptop
  • Kemudian klik pada menu Keyboard. Nanti tampil pengaturan keyboard di laptop Anda.
  • Selanjutnya Aktifkan opsi Turns on the On-Screen Keyboard.
  • Lalu tunggu sampai keyboard digital muncul di layar.
  • Selesai.

Baca juga:

3. Melalui Menu Pencarian

Cara Menampilkan On Screen Keyboard di Laptop

Cara ketiga ini terbilang sangat mudah karena kita hanya memakai kolom pencarian yang ada pada taskbar atau bisa menekan Windows + S. Setelah itu ketikkan On Screen Keyboard, jika sudah muncul silahkan Anda klik. Lalu tunggu beberapa saat sampai tampil keyboard digital pada layar laptop Anda.

4. Menggunakan Windows Run

Windows Run adalah fitur Microsoft Windows yang dipakai untuk menjalankan perintah program pada komputer. Dengan memakai fitur ini kita bisa memunculkan keyboard di layar laptop. Untuk caranya klik logo Windows + R pada keyboard. Setelah menu Run tampil, silahkan ketikkan ‘osk’ tanpa tanda kutip dan klik tombol OK.

5. Melalui Command Prompt (CMD)

Cara terakhir yang bisa dipakai adalah menggunakan CMD atau biasa disebut Command Prompt. Caranya yaitu masuk ke Windows Run dan ketik CMD. Setelah tab Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “osk” dan tekan enter. Nanti keyboard di layar laptop akan muncul dan siap digunakan.


Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara menampilkan On Screen keyboard pada laptop. Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar agar bisa kami bantu, jika menyukai tutorial ini silahkan sering mampir ke blog sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menampilkan On Screen Keyboard di Laptop"

close