Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Voice Note Menjadi Teks


 Voice Note adalah fitur yang bisa dipakai untuk mengirim pesan suara kepada teman atau orang yang sedang di chat. Sudah banyak aplikasi perpesanan yang menyediakan fitur ini seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp. Jika Anda sedang dikirimkan pesan suara namun tidak bisa memutarnya karena sedang rapat atau berada di lingkungan yang ribut, maka kita bisa mengubah pesan suara menjadi teks.

Cara mengubah Voice Note menjadi teks dapat dilakukan dengan mudah dan bisa melalui Smartphone Android dan iOS. Untuk fitur pesan suara yang ada di Whatsapp bisa dipakai untuk membantu kita dalam berkomunikasi dengan teman kontak dan grup tanpa perlu mengetik pesan, cukup tekan ikon Mikrofon dan mulai merekam suara. Cara kerjanya juga hampir mirip dengan aplikasi Instagram dan Facebook.


Dengan banyaknya aplikasi yang diluncurkan di Google Play Store dan App Store, misalnya aplikasi pengubah Voice Note menjadi teks membuat kita tidak perlu khawatir lagi jika ada pesan yang masuk dalam bentuk suara namun tidak bisa diputar karena sedang rapat atau bekerja. Selain itu, Anda juga bisa mengubah Voice Note menjadi teks tanpa memakai aplikasi dengan cara memanfaatkan situs tertentu.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui caranya baik memakai aplikasi maupun tidak, berikut ini sobat-tutorial.com sudah membuatkan tutorialnya yang bisa dipelajari dengan mudah. Jadi sediakan saja waktu dalam membaca langkah-langkah yang diberikan.

Cara Mengubah Voice Note Menjadi Teks di Whatsapp


Sebelum masuk ke tutorialnya pastikan Anda sudah menyiapkan pesan suara dari Whatsapp yang mau dirubah menjadi teks atau tulisan. Bisa dari teman kontak atau grup Anda, jika sudah silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

1. Menggunakan Transcriber for Whatsapp

Cara Mengubah Voice Note Menjadi Teks

Jika Anda pengguna Android dan ingin merubah pesan suara ke teks. Anda bisa memakai aplikasi Transcriber for Whatsapp yang bisa diunduh melalui Play Store secara gratis. Aplikasi ini bisa membantu pengguna untuk merekam pesan dalam bentuk suara kemudian mengkonversinya menjadi teks. Untuk tutorialnya bisa dilihat berikut ini.

  • Langkah pertama buka aplikasi Play Store di hp Anda.
  • Pada kolom pencarian ketikkan “Transcriber for Whatsapp” dan tunggu sampai aplikasi tampil.
  • Jika sudah muncul silahkan klik dan instal.
  • Setelah selesai menginstal, silahkan jalankan aplikasinya dan pilih tombol Done.
  • Selanjutnya buka chat Whatsapp yang berisikan pesan suara yang mau dirubah ke teks.
  • Lalu klik dan tahan untuk memilih salah satu pesan suara.
  • Kemudian klik ikon titik tiga di pojok kanan atas dan klik opsi Bagikan.
  • Nanti muncul beberapa opsi, disini pilih Catatan Suara dan Transcriber.
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasi mengubah audio pada pesan suara menjadi teks, nanti hasilnya akan muncul pada layar sehingga bisa dibaca.
  • Selesai.

Baca juga:

2. Menggunakan Audio to Text for Whatsapp

Jika Anda pengguna iOS, Anda tidak perlu khawatir karena ada juga aplikasi khusus iPhone dalam mengubah Voice Note menjadi teks dan tentu saja dapat diunduh secara gratis. Berikut tutorialnya.

  • Silahkan instal aplikasi Audio to Text for Whatsapp.
  • Jika sudah selesai menginstal, jalankan aplikasinya dan berikan izin untuk mengakses fitur pengenalan suara di hp.
  • Lalu tahap selanjutnya adalah membuka obrolan WA untuk memilih pesan suara yang mau dirubah jadi teks.
  • Klik dan tahan pesan suara, setelah itu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi Bagikan dan muncul beberapa opsi. Disini pilih Audio to Text.
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasi mengubah pesan suara menjadi pesan teks.
  • Selesai.

3. Mengubah Voice Note Menjadi Teks Tanpa Aplikasi

Jika tidak ingin memakai aplikasi merubah Voice Note ke teks, maka gunakan situs yang sudah memiliki fitur ini. Adapun situs yang dimaksud adalah Veed.io yang bisa dipakai dalam keperluan konversi audio ke teks. Untuk mengakses situsnya silahkan buka browser Anda dan salin link berikut ini https://www.veed.io/id-ID/alat/audio-ke-teks. Jika sudah masuk, klik tombol Transkripsikan Audio dan masukkan pesan suara yang mau diubah ke teks.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara mengubah Voice Note menjadi teks yang sudah dipublish oleh blog sobat-tutorial.com. Silahkan pelajari tutorial ini agar dapat menambah pengetahuan Anda, jika masih ada yang belum dimengerti jangan sungkan memberikan komentar supaya bisa kami bantu. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengubah Voice Note Menjadi Teks"

close