Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Voice Note Menjadi MP3 Tanpa Aplikasi


 Voice Note atau disingkat VN sering dipakai untuk mengirim pesan dalam bentuk suara agar mempermudah kita dalam mengirim dan menerima pesan tanpa perlu mengetiknya. Nah, biasanya ada sebagian orang memanfaatkan Voice Note untuk berkirim pesan dalam bentuk lagu misalnya orang yang sedang bernyanyi sehingga kita sebagai si penerima tertarik ingin menjadikan VN ini sebagai MP3 agar bisa dijadikan nada dering.

Cara mengubah Voice Note menjadi MP3 bisa dilakukan dengan mudah bahkan tanpa menggunakan aplikasi. Misalnya Anda memiliki pesan suara yang dikirimkan oleh pacar atau sahabat melalui obrolan Whatsapp dan ingin menyimpannya dalam bentuk MP3. Seperti yang kita tahu Whatsapp sudah menjadi aplikasi perpesanan yang populer dan sudah memiliki fitur VN, sehingga ada orang yang tertarik menjadikan pesan suara sebagai file audio.


Agar file Voice Note bisa dijadikan MP3, kita terlebih dahulu mengubahnya menjadi format audio sehingga bisa diputar tanpa perlu membuka percapakan Whatsapp. Nah, setelah sebelumnya membahas mengenai cara mengubah Voice Note menjadi teks. Kali ini blog sobat-tutorial.com memberikan tutorial untuk mengubah Voice Note menjadi MP3.


Jadi bagi Anda yang ingin mengetahui caranya sebaiknya simak baik-baik penjelasan yang diberikan agar bisa mempraktekannya. Adapun langkah-langkahnya sudah dilengkapi dengan gambar petunjuk yang bisa dimengerti.

Mengubah Voice Note Menjadi MP3 Tanpa Aplikasi

Sebelum merubah VN ke MP3, kita terlebih dahulu menemukan lokasi dimana file pesan suara Whatsapp tersimpan. Setelah itu baru kita ubah filenya jadi MP3. Berikut tutorial yang bisa dipelajari.

  • Pertama tentukan Voice Note yang mau diubah menjadi MP3.
  • Kemudian masuk ke tampilan penyimpanan file di hp Anda. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Mengubah Voice Note Menjadi MP3 Tanpa Aplikasi
  • Setelah masuk, pilih penyimpanan internal.
  • Lalu cari dan klik folder Android dan pilih folder Media > com.whatsapp > Whatsapp > Media > Whatsapp Voice Note. Nanti Anda akan melihat folder berisikan file pesan suara di WA.
Cara Mengubah Voice Note Menjadi MP3 Tanpa Aplikasi
  • Silahkan cari file Voice Note berdasarkan tanggalnya misalnya dalam bentuk PTT-tahun-bulan-tanggal dan dibelakangnya berformat .opus.
  • Jika sudah ketemu, silahkan Anda tekan sampai menampilkan ceklis.
  • Setelah itu Anda pindahkan filenya ke folder penyimpanan internal dengan membuat folder baru.
  • Berikan nama foldernya agar mudah ditemukan. Jika sudah dipindahkan, silahkan Anda klik lagi file VN tersebut.
  • Kemudian kita rubah format filenya dengan cara klik file VN dan pilih Ubah Nama.
Cara Mengubah Voice Note Menjadi MP3 Tanpa Aplikasi
  • Disini ubah format filenya yang sebelumnya .opus menjadi .mp3. Jika sudah, klik tombol Ubah Nama untuk menerapkan perubahan.
  • Selesai Anda sudah berhasil mengubah Voice Note menjadi file MP3 tanpa memakai aplikasi.
  • Jika sudah mengubah file VN ke MP3, maka kita tidak perlu lagi repot-repot memutar pesan suara tersebut di obrolan WA. Anda bisa memutarnya di aplikasi pemutar musik dan tentu saja sudah bisa dijadikan nada dering.

Akhir Kata:

Akhir Kata

Untuk tutorial ini bisa dicoba pada semua jenis Smartphone Android seperti HP Samsung, Oppo, Vivo dan lainnya. Anda tidak perlu repot-repot menggunakan aplikasi hanya untuk merubah file VN menjadi MP3 karena cukup rubah format filenya ke MP3 maka sudah bisa diputar dan dijadikan nada dering hp. Artikel mengenai tutorial ini sudah dipublish oleh blog sobat-tutorial.com yang menyediakan beragam tutorial menarik. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengubah Voice Note Menjadi MP3 Tanpa Aplikasi"

close