Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mewarnai Garis Tabel di Excel Secara Otomatis


 Pada saat membuat tabel, biasanya kita ingin memberikan warna pada garis agar tabel terlihat lebih menarik. Seperti yang kita tahu warna default garis di Excel adalah hitam sehingga ada sebagian orang tertarik ingin mengubah warna garis tersebut sesuai kemauan atau kebutuhan pekerjaan.

Mewarnai garis tabel di Excel dapat kita lakukan secara otomatis sehingga tidak perlu dilakukan manual. Adapun fitur yang digunakan adalah Line Color dan Format Cells yang bisa membantu kita mengubah dan memberikan warna garis tabel dengan mudah dan cepat.


Pada Microsoft Excel, hampir semua pekerjaan yang dilakukan tidak lepas dari pembuatan tabel (border) dikarenakan lembar kerja Excel menampilkan Cell dengan bentuk kotak-kotak yang sudah dikhususkan membuat tabel.

Nah, pada pembahasan ini sobat-tutorial.com membahas mengenai cara mewarnai garis tabel di Microsoft Excel yang bisa kita lakukan otomatis. Jika sedang mencari tutorialnya maka silahkan simak langkah-langkah yang diberikan supaya bisa mempraktekannya.

2 Cara Mewarnai Garis Tabel di Excel Secara Otomatis


Sebelum masuk ke tutorialnya, pastikan Anda sudah menginstal Microsoft Excel pada laptop atau PC yang mau dipakai. Untuk versi Excel bisa 2010, 2013, 2016 dan 2019 karena fitur Format Cells dan Line Color yang dipakai untuk mewarnai garis tabel sudah tersedia di versi Excel yang disebutkan tadi. Berikut tutorial yang bisa dipelajari.

1. Menggunakan Line Color Pada Border

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan memakai fitur Line Color pada border. Anda bisa membuat sekaligus mewarnai garis tabel dengan memanfaatkan fitur ini. Untuk tutorialnya bisa dipelajari berikut ini.

  • Pertama, seleksi tabel yang mau diberikan warna garisnya.
  • Kemudian masuk ke tab Home, klik ikon garis bawah (Drop Down) pada grup Font.
Cara Mewarnai Garis Tabel di Excel Secara Otomatis
  • Lalu klik opsi Line Color untuk memberikan warna pada garis tabel.
Cara Mewarnai Garis Tabel di Excel Secara Otomatis
  • Nanti pointer akan berubah jadi ikon pensil. Disini silahkan klik garis-garis tabel untuk mewarnai garis.
  • Selesai.

Baca juga:

2. Melalui Format Cells

Cara kedua ini lebih cepat mewarnai garis tepi yang ada di tabel. Dengan menggunakan fitur Format Cells maka kita bisa dengan cepat memberikan warna dari setiap garis yang ada di tabel. Untuk langkah-langkahnya bisa dilihat berikut ini.

  • Seperti biasa seleksi garis pada tabel Excel.
  • Kemudian klik kanan dan pilih Format Cells.
  • Nanti muncul kotak dialog dari Format Cells. Disini pilih tab Border.
Cara Mewarnai Garis Tabel di Excel Secara Otomatis
  • Pada bagian Color, klik ikon Dropdown dan pilih warna yang mau dipakai.
  • Selanjutnya pada bagian Presets dan border disebelah kanan, Silahkan klik garis dari sisi kanan, kiri, atas dan bawah untuk memulai memberikan warna pada garis tabel.
  • Terakhir klik tombol OK untuk melihat hasilnya.
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah cara dalam mewarnai garis tabel di Excel. Gunakan salah satu cara yang dianggap mudah dan cepat. Ada banyak pilihan warna yang sudah tersedia, gunakan warna yang ingin dipakai. Artikel ini dibuat dan dipublish oleh situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mewarnai Garis Tabel di Excel Secara Otomatis"

close