Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Prospek Kerja Desain Interior dan Gajinya

 

Prospek Kerja Desain Interior dan Gajinya

Kalian lulusan desain interior? Sedang mencari kerja dan butuh penjelasan mengenai prospek kerja desain interior. Berikut akan kami berikan daftar 12 prospek kerja desain interior beserta gaji yang didapat.

Pekerjaan Desain Interior

Desain interior adalah profesi desain grafis bagian desain, perancangan, penataan ruangan interior. Tujuan desain interior yaitu agar meningkatkan kualitas dan tampilan suatu ruangan sehingga terlihat menarik. 

Pekerjaan desain interior biasa ditemui dalam perancangan ruangan rumah yang ada di perumahan, desain interior kamar Hotel maupun Villa. Untuk gaji desain interior bisa mencapai sekitar Rp. 4000.000. – Rp. 7000.000.

Gelar desain interior adalah Sarjana Desain (S.Ds). Program studi desain interior sudah ada berdiri tahun 1993 dan sudah banyak kampus menyediakan jurusan desain interior seperti Institusi Teknologi Bandung. 

Berikut 12 prospek kerja desain interior beserta gaji desain interior per bulan untuk kalian yang baru lulus dan sedang mencari pekerjaan.

1. Peneliti di Bidang Desain

Melakukan penelitian di bidang desain bisa kalian coba sebagai pekerjaan desain interior. Hasil penelitian kalian untuk kemajuan dunia desain interior. Penghasilan yang kalian dapatkan dalam penelitian bisa mencapai sekitar Rp. 4.000.000 – Rp. 6000.000. penelitian yang kalian buat juga akan diterapkan oleh pekerja desain interior lainnya.

2. Bidang Akademis

Setelah selesai menyelesaikan pendidikan S1 Desain Interior dan berminat untuk lanjut S2 untuk menjadi tenaga pengajar, kalian bisa juga terjun dibidang akademisi. Seperti menjadi dosen di kampus.

Gaji yang kalian dapatkan sebagai dosen desain interior sekitar Rp. 2000.000. – Rp. 3000.000 dan gaji tersebut bisa saja lebih dari itu, tergantung kampus yang kalian tempati mengajar dan jumlah mata kuliah yang kalian ajar. Bisa juga membuka workshop dan pameran desain interior untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Mendirikan Usaha

Membangun usaha sendiri bisa menjadi solusi, kalian yang lulus desain interior. Membuat layanan jasa yang membutuhkan, seperti yang kalian ketahui kebutuhan jasa desain semakin banyak dicari oleh perusahaan.

Baca Juga: Template Portofolio Desain Untuk Melamar Pekerjaan Free CDR

Membuka kantor maupun jasa desain bisa kalian lakukan dengan catatan kalian wajib mempunyai skill desain interior diatas rata-rata. Untuk gaji desain interior per bulan bisa mencapai Rp. 4.5000.000 – Rp. 8.000.000.

4. Distributor Produk-Produk Interior

Membahas mengenai interior tidak lepas dari bahan dan alat yang mengisi ruangan interior yang akan didesain. Kalian bisa menghasilkan uang dengan cara menjual dan menyediakan segala kebutuhan interior ruangan.

Sebelum membangun usaha distributor sebaiknya kalian terlebih dahulu mempelajari riset pasar agar bisa menyesuaikan harga pasar dengan barang yang kalian sediakan dan bisa juga mencari siapa saja yang bisa menjadi pelanggan kalian.

5. Freelance Desain Interior

Belum memiliki modal untuk membangun usaha dan tidak ingin terikat dengan perusahaan, kalian bisa mencoba menjadi seorang Freelance Desain Interior yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Membentuk team Freelance agar bisa memiliki pelanggan banyak dan memperluas jaringan usaha. Tawarkan jasa Freelance kalian agar bisa mendapatkan penghasilan.

6. PNS

Kalian berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil? Jurusan ini bisa juga mendaftar untuk bagian interior. Kementrian Pekerjaan Umum dan Sekretariat Negara merupakan Kementrian yang membutuhkan skill desain interior.

Baca Juga: Cara Melamar Kerja di Desain Grafis Wajib Tahu

Belajar dengan giat dan berdoa, yakin akan lulus dan gaji yang didapatkan jika menjadi PNS yaitu sekitar Rp. 3000.000. – Rp. 5000.000. Belum termasuk tunjangan yang akan didapat selama menjadi Pegawai Negeri Sipil.

7. Rancang Bangun Dan Interior

Pekerjaan bidang Drafter merupakan pekerjaan yang berfokus menggambar bangunan dan ruangan, kalian akan mendesain ruangan untuk proyek seperti perumahan, kamar hotel dan sebagainya.

Gaji yang akan didapatkan untuk bagian Rancang Bangun dan Interior yaitu sekitar Rp. 5.000.000. – Rp. 7000.000. Pelajari cara menggambar dan mendesain rancangan bangunan untuk bisa bekerja bagian Drafter.

8. Konsultan Interior

Konsultan adalah pekerjaan yang akan memberikan solusi dan saran kepada klien dan sebagai pihak ketiga jika ada perjanjian dan kontrak kerja. Kalian dapat menjadi konsultan interior dibidang desain yang di utus oleh perusahaan.

Banyak perusahaan membutuhkan jasa konsultan untuk bisa berbicara dengan klien yang akan menggunakan jasa perusahaan. Gaji dari pekerjaan konsultan interior sangat menjanjikan. Bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 3000.000. – Rp. 5000.000. 

9. Bekerja Sama Dengan Perusahaan Konstruksi

Bekerja sama dengan perusahaan dibidang konstruksi bisa kalian coba. Dapatkan pengalaman kerja untuk kalian yang baru lulus sangat cocok untuk bekerja di perusahaan konstruksi.

Kalian akan mendapatkan banyak pengalaman dibidang interior karena perusahaan konstruksi berfokus pada perancangan, manajemen dan pengawasan bangunan. Gaji yang didapat sekitar Rp. 4000.000. – Rp. 7000.000.

10. Bisnis Properti Desain Interior

Mempunyai bisnis sendiri bisa kalian lakukan jika sudah memiliki skill dan dana yang cukup untuk membangun sebuah bisnis desain interior. Ilmu pengetahuan mengenai desain interior bisa kalian terapkan dalam usaha bisnis kalian.

Penghasilan seorang pebisnis tergantung dari kita yang membangun bisnis agar dapat menarik klien yang banyak dan menawarkan jasa yang dapat memberikan pelayanan yang baik kepada klien.

11. 3D Modelling

Membuat desain interior tidak lepas dengan penggunaan aplikasi desain. Salah satu aplikasi desain yang sering digunakan oleh pekerja desain interior adalah aplikasi pembuat objek 3D.

Objek 3D yang dibuat bisa berupa bangunan perumahan, hotel dan villa. Pelajari aplikasi 3D Modelling untuk bisa mendesain interior ruangan menggunakan PC dan Laptop. Aplikasi yang sering digunakan yaitu 3D Skechup dan 3D Maya. Untuk gaji yang didapat bisa sekitar Rp. 5000.000. – Rp. 7000.000 dan bahkan bisa puluhan juta.

12. Arsitek Interior 

Sebagai lulusan desain interior, kalian bisa bekerja sebagai seorang arsitek yang khusus bagian interior atau biasa disebut desain interior. Pekerjaan arsitek interior akan memerlukan kemampuan menggambar dan mendesain ruangan menggunakan alat gambar maupun aplikasi desain 3D seperti 3D Skechup dan 3D Maya. Untuk gaji arsitektur interior sekitar Rp. 4000.000.- Rp. 6000.000.

7 Skill Utama yang Harus Dimiliki Desainer Interior

  • Mampu memecahkan masalah dengan baik
  • Dapat berkomunikasi dengan baik
  • Memahami makna gambar dan paham dengan istilah bangunan
  • Menguasai alat desain interior
  • Paham dengan jenis warna dan gabungan warna yang sesuai
  • Kreativitas
  • Mengetahui tren desain yang bagus

Sekian artikel yang membahas mengenai prospek kerja desain interior dan gaji yang harus kalian ketahui. Persaingan di dunia kerja sangat besar, maka dari itu per banyaklah latihan dan carilah pengalaman kerja yang cukup untuk bisa bersaing didunia kerja. Sekian & Terimakasih.

Baca Juga: Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual dan Gaji

Post a Comment for "12 Prospek Kerja Desain Interior dan Gajinya"