Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Landscape di Word 1 Halaman


 Pada saat mengerjakan tugas di Word, kita akan melihat halaman kerja tampil bentuk orientasi Portrait. Nah, ada sebagian pekerjaan membutuhkan kondisi lembar kerja Landscape misalnya pembuatan tabel absensi siswa atau karyawan.

Membuat landscape di Word 1 halaman bisa dilakukan dengan memakai fitur Page Layout tepatnya pada tools Page Breaks. Meskipun fitur ini sudah disediakan, ternyata masih banyak pengguna MS Word belum bisa memakainya sehingga mereka membutuhkan tutorial.


Seperti yang sudah ditahu, posisi kertas landscape sering dipakai dalam membuat tabel absensi dan grafik pada dokumen yang diketik. Alasanya karena bisa memasukkan banyak garis, tabel, teks dan objek gambar.

Nah, pada pembahasan ini sobat-tutorial.com membuat tutorial dalam menampilkan lembar kerja Landscape yang bisa ditampilkan dalam 1 halaman bahkan lebih. Jika tertarik mempelajarinya maka sediakan waktu untuk mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan.

Cara Membuat Landscape di Word 1 Halaman

Perlu Anda tahu, untuk membalikkan posisi kertas di Word menjadi landscape atau portrait yaitu melalui fitur Orientation di tab Page Layout. Namun jika memakai fitur ini maka semua kertas akan menampilkan orientasi sama disetiap halaman.


Nah, Agar Anda bisa membuat kertas landscape untuk satu halaman saja di Word, maka gunakan fitur Page Breaks. Untuk tutorialnya bisa dipelajari berikut ini.

  • Pertama, buka program Microsoft Word dan pilih File yang mau dirubah orientasi halamannya.
  • Kemudian pada tampilan lembar kerja, tentukan dahulu ukuran kertas dan marginnya. Sebagai contoh saya pakai ukuran A4 dan margin saya kasi default. Atur sesuai kebutuhan.
  • Jika memiliki banyak halaman di dokumen, silahkan pilih salah satu yang mau dibuat menjadi Landscape. Bisa di halaman depan, tengah dan akhir.
  • Setelah itu klik halaman tersebut, lalu masuk ke tab Page Layout.
  • Pada bagian grup Page Setup, klik opsi Breaks > Next Page.
Cara Membuat Landscape di Word 1 Halaman
  • Nanti pengaturan lembar kerja yang dipilih akan berbeda dengan lembar kerja lainnya.
  • Disini kita bisa mengubah orientasi kertas melalui opsi Orientation > Landscape.
  • Secara otomatis kertas pada halaman yang dipilih akan berubah menjadi landscape.
  • Jika mau mengatur halaman lainnya maka lakukan cara yang sama tadi.
  • Selesai.

Baca juga:

Membuat Landscape di Word Diantara Portrait

Jika Anda ingin menampilkan kertas Landscape diantara portrait untuk kebutuhan tugas, maka caranya hampir sama dengan di atas. Anda hanya perlu memilih salah satu halaman kerja di Word, kemudian masuk ke tab Page Layout. Pada bagian Page Setup pilih Breaks, dibagian Section Breaks pilih Next Page. Nanti halaman yang dipilih akan berubah orientasinya menjadi Landscape.

Akhir Kata

Pada aplikasi Microsoft Word, kita bisa dengan bebas menentukan halaman kerja yang ingin di atur orientasinya misalnya Landscape dan Portrait. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika mendapatkan tugas seperti ini, gunakan fitur Section Breaks untuk membuat halaman Landscape satu halaman. Artikel ini dibuat dan dipublish oleh situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Landscape di Word 1 Halaman"

close