Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android Tanpa Aplikasi


 Ukuran foto 4x6 merupakan jenis ukuran foto yang sering digunakan oleh banyak orang dalam melamar kerja dan dipakai dalam melengkapi berkas tertentu. Terkadang untuk mengedit foto menjadi ukuran 4x6 kita biasa menggunakan aplikasi editing seperti Photoshop dan CorelDraw, namun bagi orang yang belum tahu memakai aplikasi ini tentu akan merepotkan.

Cara mengubah ukuran foto menjadi 4x6 di Android tanpa aplikasi bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak bisa mengedit foto di Aplikasi, apalagi jika ingin membawa foto Anda ke percetakan tentu akan mengeluarkan biaya lagi.


Jika Anda memiliki Smartphone Android maupun Iphone, maka tidak ada salahnya jika Anda membuat foto sendiri menjadi ukuran 4x6 dengan bantuan HP Android yang Anda miliki. Anda tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi apapun karena di HP bisa dengan mudah dan cepat mengubah ukuran foto.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android Tanpa Aplikasi

Nah jika Anda ingin mempelajari bagaimana mengubah ukuran foto menjadi 4x6 di HP Android tanpa menggunakan aplikasi. Silahkan luangkan waktu Anda dalam mengikuti tutorial dibawah ini.

Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android Tanpa Aplikasi


Dalam mengubah ukuran foto, kita menggunakan situs Canva yang merupakan salah satu situs yang memiliki fitur dan tool yang bisa digunakan untuk mengedit foto dan mengatur berbagai macam ukuran foto seperti ukuran 4x6. Untuk tutorialnya sebagai berikut.

  • Pertama buka browser Google Chrome dan sejenisnya lalu ketikkan di pencarian Google “Canva.com”. Setelah itu Anda nanti diarahkan ke halaman Canva.
  • Lalu login menggunakan akun Gmail yang Anda miliki.
  • Kemudian pada tampilan halaman utama. Klik ikon tambah yang ada dibawah sebelah kanan
  • Selanjutnya buat ukuran kertas dengan memilih pilihan Ukuran Khusus
  • Pada ukuran kertas, atur lebar 38.1 cm dan tinggi 55.9 cm
Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android Tanpa Aplikasi
  • Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman kerja. Kemudian klik ikon tambah dan pilih menu Unggahan agar bisa memasukkan foto yang ingin diatur ukurannya.
  • Setelah foto berhasil masuk, maka silahkan Anda sesuaikan ukuran kertas dan foto agar sama, karena ukuran kertas sebelumnya sudah diatur menjadi ukuran 4x6.
  • Selesai

Menyimpan Ukuran Foto 4x6 di Android


Setelah Anda sudah berhasil mengubah foto menjadi ukuran 4x6 di Canva, maka tahap selanjutnya adalah menyimpan foto tersebut di folder HP yang Anda gunakan. Untuk tutorialnya sebagai berikut:

  • Pada tampilan halaman kerja, pilih tombol arah panah atas yang berada dipojok kanan atas.
  • Kemudian Anda akan melihat jendela kecil yang menampilkan banyak pilihan tombol, pilih tombol Unduh lalu atur jenis format gambar yang ingin digunakan, misalnya PNG atau JPEG.
  • Langkah terakhir klik tombol Unduh untuk memulai menyimpan foto yang sudah diedit.
  • Selesai
  • Dengan mengikuti tutorial ini maka Anda sudah bisa mengubah ukuran foto sekaligus menyimpan file foto tersebut di perangkat yang dipakai. Perlu Anda tahu bahwa Anda juga dapat memakai aplikasi Canva jika tidak ingin membuka situs Canva. Untuk aplikasinya bisa Anda dapatkan di Google Play Store secara gratis.
Baca juga:

Tips Dalam Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6

Berikut ini tips dalam mengubah ukuran foto menjadi 4x6 yang bisa Anda pelajari pada saat mengubah ukuran foto maupun gambar.

  1. Pada saat Anda mengubah ukuran foto di Canva, sebaiknya jaringan internet yang Anda pakai harus stabil karena jika jaringan internet terputus, maka dapat membuat hasil editing Anda tidak tersimpan.
  2. Jika ukuran file foto yang sudah diatur cukup besar, maka Anda dapat mengecilkan ukuran foto menjadi 200kb supaya bisa dikirim di form pendaftaran seperti CPNS dan lowongan pekerjaan lainnya.
  3. Selain menggunakan situs Canva, Anda juga dapat memakai aplikasi Canva yang bisa Anda dapatkan di Google Play Store secara gratis. Aplikasi Canva dapat di instal di HP Android.
  4. Jika menggunakan Canva di HP Android, usahakan foto yang ingin diubah ukurannya sudah Ada di folder penyimpanan HP Anda, supaya dapat dimasukkan ke halaman kerja Cava.
  5. Selain di Canva, Anda juga dapat mengubah jenis ukuran foto menggunakan aplikasi Picsart yang cara kerjanya hampir sama dengan Canva. Baik ukuran 4x6, 3x2, 3x4 dan ukuran lainnya bisa Anda atur dengan bantuan aplikasi Picsart.
  6. Tips yang terakhir adalah foto yang ingin diubah ukurannya sebaiknya foto yang sudah jernih agar pada saat di perkecil. Ukuran foto tidak akan menampilkan gambar yang pecah atau blur.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial yang membahas cara mengubah ukuran foto menjadi 4x6 di Android tanpa aplikasi. Semoga dengan adanya tutorial ini dapat membantu Anda untuk mengatur ukuran foto yang Anda miliki. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android Tanpa Aplikasi"

close